220 Orang Masuk Daftar ODP Covid-19 di Kabupaten Buol

Rusunawa (Rumah Susun Sewa) milik kementrian PUPR, yang berlokasi di kelurahan Kali, Kecamatan Biau, tempat menampung 220 ODP menjalani karantina virus Covid-19. (FOTO : IST)

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Dalam sepekan terakhir, terhitung pertanggal 23 Maret 2020 terdapat 220 Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buol, Muhamad Suparizal Jusuf, kepada utarapost.co.id, Senin (23/03/2020) mengatakan 220 ODP tersebut 62 orang diantaranya saat ini tengah menjalani observasi di Rusunawa (Rumah Susun Sewa) milik kementrian PUPR, di Kelurahan Kali.

Muat Lebih

Sebut, Suprizal Jusuf total jumlah ODP tersebut belum termasuk Orang Dalam Pemantauan di luar karantina Rusunawa.

Suprizal Jusuf, menjelaskan 62 ODP yang kini berada di Rusunawa untuk menjalani observasi semua memiliki riwayat sama sempat bepergian ke luar daerah. Namun, belum menunjukkan adanya gejala-gejala telah terinfeksi virus.

“Jumlah warga yang di karantina di Rusunawa sekarang 62 org. Riwayat prjalanan mereka dari Kabupaten Gowa – Prov. Sulsel. Status mrk sekarang masu daftar ODP. Jumlah secara keseluruhan total ODP 220 org, belum termasuk ODP diluar karantina,”tulis Suprizal via WhatsApp.

Sebelumnya, Direktur RSUD Mokoyurli Buol dr Arianto Panambang, mengatakan tujuan dilakukan observasi untuk memastikan kondisi kesehatan. Selain itu untuk memutuskan potensi penularan covid-19.

Sekedar untuk diketahui, ODP belum tentu terkena covid-19. Kategori ODP apabila seseorang sempat bepergian ke negara lain atau bepergian ke daerah di dalam negeri yang sudah terpapar virus corona.

Seseorang juga akan masuk sebagai ODP apabila pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif corona.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef