Puluhan Siswa SMK GKST Poso Ikut UNBK 2018

POSO, UTARA POST – Sebanyak 64 orang siswa kelas XII, Sekolah Menengah Kejuruan Gereja Kristen Sulawesi Tengah (SMK GKST) Poso, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

UNBK yang dimulai sejak Senin (2/4/2018) hingga Kamis (5/4/2018) tersebut, mengujikan empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Kejuruan.

Kepala SMK GKST Asmarani H.Mentiri, S.Pd menjelaskan, ke 64 siswanya yang mengikuti UNBK tersebut berasal dari tiga jurusan yang ada yakni Jurusan Otomotif, Jurusan Akutansi dan jurusan Tekni Komputer Jaringan (TKJ). 64 siswa itu terdiri dari 47 laki-laki dan 17 perempuan, dibagi dalam tiga sesi waktu ujian yakni pagi, siang dan sore.

“Kita membagi tiga sesi dalam pelaksanaan ujian ini, karena sarana komputer yang digunakan untuk ujian sangat terbatas jumlahnya,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, setiap sesi diikuti sebanyak kurang lebih 20 siswa, disesuaikan dengan sarana komputer yang digunakan dalam pelaksanaan ujian.

Dia mengaku, sarana yang ada sudah cukup ideal dengan jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional kali ini, jika dibagi tiga sesi waktu ujian. Namun harapannya, kedepan sarana komputer yang digunakan dapat ditingkatkan jumlahnya, sehingga pelaksanaan ujian dapat berlangsung satu kali sesuai dengan jumlah rombongan siswa.

“Meski dengan keterbatasan sarana komputer, pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer kali ini berlangsung aman dan lancar,” akunya.

Dia menambahkan, lancarnya pelaksanaan ujian nasional berbasis computer kali ini tidak terlepas dari kesiapan siswanya dalam menghadapi UNBK. Selain itu adanya pengawasan dari pihak Dikbud dan pihak terkait lainnya, seperti kepolisian, PLN dan juga dari Telkom.

“Kami optimis semua siswa kami dapat lulus 100 persen dalam ujian nasional kali ini, karena kesiapan mereka juga sudah cukup baik dan selalu mendapat bimbingan dari guru serta adanya simulasi menjelang ujian berlangsung,” tandasnya. RHM

”benner