Antisipasi Covid-19, Polres Buol Bubarkan Acara Pesta Pernikahan

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona, Aparat kepolisian Polres Buol, Rabu (25/03/2020) terpaksa membubarkan acara resepsi pernikahan yang tengah berlangsung di jalan trans Sulawesi, desa Mokupo, Kecamatan Karamat. Tampak petuga polisi hendak melakukan negosiasi dengan pihak keluarga yang menyenggarakan pesta penikahan. (FOTO : IST)

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Kepolisian Resor (Polres) Buol terpaksa harus menghentikan acara hajatan resepsi pernikahan warga yang tengah berlangsung di Desa Mokupo, Kecamatan Karamat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona akibat kerumunan massa, Rabu (25/03/2020).

Kapolres Buol AKBP Wawan Sunarwirawan, kepada utarappst.co.id, Kamis (26/03/2020) diruang kerjanya mengatakan, pembubaran resepsi pernikahan dilakukan menindak lanjuti maklumat Kapolri.

Muat Lebih

Sebut Kapolres, maklumat Kapolri adalah maklumat bernomor Mak/2/III/2020. Tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam upaya penanganan penyebaran covid-19.

Tertuang kalimat agar kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum dan di lingkungan sendiri ditiadakan.

Kapolres Buol, AKBP Wawan Sunarwirawan

“Tapi tentunya mengedepankan upaya persuasif humanis. Alhamdulillah, tidak ada insiden masyarakat kooperatif, paham dan mau membubarkan diri,”terang Kapolres.

Wawan Sunarwirawan, menjelaskan penanganan dilakukan dengan cara pendekatan tanpa kekerasan sehingga masyarakat penyelenggara hajatan akhirnya memahami dan menerima kegiatan itu dibubarkan.

“Masyarakat mengerti dengan himbauan yang kita berikan dan berterima kasih kepada Polres Buol yang selalu mengingatkan dan memperhatikan masyarakat dalam mencegah penularan virus corona ini,”sambung Kapolres.

Diakhir penjelasannya, AKBP Wawan Sunarwirawan, menyampaikan masyarakat agar tidak panik menyikapi penularan wabah covid-19. Ia juga menghimbau untuk biasakan pola hidup sehat.

“Sebisa mungkin menghindari kerumunan masa dan menunda aktifitas yang mengundang banyak orang, setidaknya hal ini dapat mencegah dan mengantisipasi penyebaran dan penularan virus Corona di masyarakat,”pesan Kapolres, menutup keterangannya.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

”benner