Babinsa Dampingi Petani Sukseskan Upsus Pajale

Babinsa Basidondo, Kopda Endri Susanto mendampingi petani di wilayah kerjanya untuk mensukseskan Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai. FOTO : ERWIN

TOLITOLI, UTARA POST – Babinsa Basidondo, Kopda  Endri Susanto mendampingi petani di wilayah kerjanya untuk mensukseskan Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) di wilayah kerja Koramil Dondo. 

Kopda  Endri Susanto mengatakan, Babinsa  selalu berupaya maksimal dalam melaksanakan Upsus pendampingan petani dalam menyukseskan Program Swasembada Pangan Nasional,  hal ini merupakan wujud kepedulian TNI melalui Babinsa terhadap wilayah binaannya dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara petani dan Babinsa.

Muat Lebih

Dia menjelaskan, peran Babinsa  dalam meningkatkan Produksi Pajale adalah sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan pertanian, pengelolaan sawah dengan petani atau kelompok tani.

Endri menyebutkan, para petani di wilayah binaannya sudah terbiasa mengandalkan padi dan jagung sebagai komoditas utama, yang menjadi penghasilan para petani. Namun enggan berspekulasi meninggalkan kebiasaan tersebut. 

Baca Juga : Hari Juang Kartika Ke 73, Dandim 1305 BT Serahkan Kendaraan Operasional Untuk Babinsa

“Wilayah Basi Dondo mendapat target menanam padi seluas 1000  hektar,” ujarnya, Senin (14/1/2019).

Endri menjelaskan, tujuan pendampingan penanaman padi untuk memberikan suport dan semangat kepada kelompok petani guna mendapatkan hasil panen yang maksimalbdalam upaya menyukseskan program swasembada pangan, yang dicanangkan oleh Pemerintah. 

Baca Juga : ATR-BPN Tolitoli Serahkan Sertifikat Ke Warga Di Enam Desa

“Tak kalah pentingnya untuk menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat sehingga rakyat senantiasa memberikan informasi-informasi kepada kami para Babinsa apabila mereka menemukan hal-hal yang bersifat negatif di wilayah, sehingga kami sebagai aparat keamanan dapat segera mengambil tindakan guna mengantisipasi terjadi hal-hal yang mengganggu kamtibmas,” ujarnya. 

Tasri, pemilik lahan mengaku senang dan berterima kasih sekali kepada Babinsa yang turun langsung ke sawah membantu petani dan memberikan penyuluhan serta bimbingan dalam bercocok tanam yang benar. 

Baca Juga : Ribuan Botol Miras Dimusnahkan Jelang Natal

Di lahan 1 hektar miliknya kata Tasri, di Desa Basidondo Kopda Endri Susanto melaksanakan Upsus pendampingan pertanian pemgelolaan sawah.dilahan miliknya dan membuahkan hasil yang cukup baik. 

Baca Juga : Lakukan P4D, Kacabjari Tolut Undang Sejumlah Aparat Desa

“Berkat pendampingan TNI khususnya Babinsa hasil panen tahun ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan petani lebih meningkat,” tandasnya.

(Erwin)

”benner