BEI Perkenalkan Literasi ke Masyarakat Momunu

Pegiat Literasi dari Buol Educare Institute, Minggu (8/4/2018) foto bersama usia kegiatan mewarnai di Desa Momunu Kecamatan Momunu. Kegiatan in dimaksudkan untuk memperkenalkan literasi kepada masyarakat setempat. FOTO : IST/BEI

Pegiat Literasi dari Buol Educare Institute, Minggu (8/4/2018) foto bersama usia kegiatan mewarnai di Desa Momunu Kecamatan Momunu. Kegiatan in dimaksudkan untuk memperkenalkan literasi kepada masyarakat setempat. FOTO : IST/BEI
BUOL, UTARA POST – Komunitas pegiat literasi yang bernaung dalam Lembaga Buol Educare Institute (BEI), menggelar kegiatan literasi di tengah-tengah masyarakat di berbagai desa di Kabupaten Buol.

Kegiatan literasi tersebut digelar di kawasan wisata Desa Negeri Lama Kecamatan Bokat dan Desa Momunu Kecamatan Momunu , Minggu, 8 April 2018 lalu.

Direktur Buol Educare Institute, Andi Asrawaty mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk nyata dari komitmen dan konsistensi BEI dalam memperjuangkan budaya literasi kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Buol.

“Tidak hanya menginisiasi seminar, mereka terjun langsung ke tengah masyarakat, sebagai upaya memperkenalkan dan memasyarakatkan budaya literasi,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu kata Andi, pihaknya mengadakan lomba mewarnai dan mengajarkan anak-anak membaca puisi. Sedangkan kepada kaum perempuan, diberikan pelatihan handicraft sembari bercerita tentang pentingnya literasi.

“Kami juga menghadirkan lapak baca yang bukunya berasal dari Rumah Baca Pelangi yang dikelola oleh BEI,” paparnya.

Dia mengutarakan, sumber dana untuk kegiatan ini dirogoh dari kantong pribadi tanpa sponsor, mengingat persiapan yang sangat singkat bahkan kurang dari seminggu. Namun dengan kerja cerdas dan keyakinan kegiatan ini sukses dilaksanakan.

“Sebagai pendiri BEI saya bangga dengan seluruh relawan BEI, karena mereka mampu menyusun agenda kegiatan bahkan tanpa saya hadiri. Ide hingga pelaksanaan benar-benar mereka inisiasi sendiri. Saya hanya bertugas sebagai mentor yang mengarahkan beberapa hal,” jelasnya.

Dia menambahkan, kedepannya BEI akan bekerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dengan nama BEI Goes to School.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengkampanyekan literasi kepada seluruh pelajar dan siswa mulai tingkat SD, SMP dan SMA di Kabupaten Buol,” tandasnya. */AAN

”benner