Belasan Rumah Warga di Desa Wakat Terendam Banjir

Kondisi akses jalan Desa Wakat, yang sudah tergenang banjir dengan ketinggian berkisar 20-120 sentimeter, Sabtu (4/01/2020). Foto : IST
banner 468x60

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Buol hingga kini masih terus berlangsung. Seiring kondisi tersebut sejumlah wilayah di daerah itu terancam terus banjir.

Setelah sebelumnya, banjir merendam sejumlah Desa di Kecamatan Bukal, kali ini kembali banjir akibat luapan sungai menggenangi puluhan rumah warga di Desa Wakat, Kecamatan Momunu.

Muat Lebih

Informasi yang diterima redaksi utarapost.co.id, dari pihak kepolisian Polres Buol menyebutkan luapan air sungai mulai merendam wilayah itu sejak pukul 14.15 waktu setempat, Sabtu (4/01/2020).

Dikabarkan, saat ini ketinggian air menuju lokasi banjir telah merendam akses jalan Desa Wakat sepanjang sekitar satu kilometer telah mencapai 80-120 sentimeter.

Salah satu fasilitas umum (Sekolah Dasar) Desa Wakat yang tak luput terdampak banjir
Foto : IST

Selain menggenangi akses masuk ke Desa Wakat, serta 17 rumah warga. Banjir juga sudah merendam fasilitas publik. Seperti, kantor pemerintah Desa, gedung Sekolah Dasar, dan tempat pendidikan PAUD termasuk Pustu setempat.

Desa Wakat berpenduduk sekitar 400 jiwa atau sekitar 98 Kepala Keluarga. Sementara banjir sudah merendam sekitar 17 unit rumah artinya ada sekitar 100 jiwa warga setempat kini terancam kehilangan tempat tinggal sementara selama bencana banjir berlangsung.

Terhadap kondisi tersebut, kepolisian Polres Buol langsung merespon dengan menerjunkan personil kelokasi banjir yang terdiri atas tim evakuasi, tim penyalur bantuan sembako serta tim kesehatan.

Petugas kepolisian Polres Buol menyalurkan bantuan sembako kepada warga koban banjir.
Foto : IST

Sekitar Pukul 16.00 Wita, bantuan dari Polres Buol dibawah pimpinan Iptu Jaozi didampingi Bhabinkamtibmas Desa Wakat Brigpol Muh Ikbal tiba dilokasi dan langsung bergerak sesuai tugas masing-masing tim.

“Bencana banjir/air tergenang ini terjadi akibatkan curah hujan yang cukup tinggi, dan wilayah pemukiman, rumah warga yang cenderung dekat dengan aliran sungai sehingga sangat rawan terjadi banjir di Kec. Momunu sampai saat ini pukull 20.00 WITA tim kesehatan klinik Parama Satwika Polres Buol masih di lokasi banjir,”terang Iptu Jaozi.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

banner 300x250
banner 468x60