Belum Lama Dibangun, Dermaga Tambatan Perahu Bulagidun Tanjung Mulai Alami Kerusakan

Kondisi ujung Dermaga Tambatan Perahu yang ada di Desa Bulagidun Tanjung Kecamatan Gadung terlihat sudah mulai rusak. FOTO : Facebook

Kondisi ujung Dermaga Tambatan Perahu yang ada di Desa Bulagidun Tanjung Kecamatan Gadung terlihat sudah mulai rusak. FOTO : Facebook

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Kondisi dermaga tambatan perahu, Desa Bulagidun Tanjung, Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol, dibangun tahun 2018 lalu, kini mulai alami kerusakan, Rabu (9/10/2019).

Muat Lebih

Kerusakan terlihat pada tiang bagian depan dermaga, saat ini mulai ada yang patah diduga kondisi itu akibat tidak kuat menahan beban lantai dermaga.

Berdasarkan informasi yang diterima utarapost.co.id, setidaknya tiang paling bawa dermaga terlihat retak serta tampak melengkung hingga mengakibatkan lantai dermaga terlihat mengalami kemiringan.

Diduga kondisi tersebut karena konstruksi tiang beton dermaga dikerjakan secara tidak profesional alias tidak sesuai kontrak kerja sehingga menyebabkan kualitas tiang beton dermaga tidak kuat.

Proyek yang dikerjakan tahun 2018, diketahui dikerjakan oleh CV Nirwana Beramal. Perusahaan ini memenangkan tender dengan nilai penawaran Rp.1.215.100.000.00 dari total pagu senilai Rp.1.221.915.000.00. Proyek pekerjaan di Desa Bulagidun Tanjung, Kecamatan Gadung. Nama proyek pembangunan dermaga kecil/tambatan perahu. Proyek kategori konstruksi dibiaya anggaran APBD tahun 2018 melalui satuan kerja Dinas Perhubungan Buol.

Informasi soal kondisi dermaga tambahan perahu tersebut juga berseliweran di media soal (medsos) Facebook.

Akun Facebook dengan nama Itonck Poennya dalam postingannya menuliskan :


Tak lama Di bangun Dermaga Tambatan Perahu Desa Bulagidun Tanjung tak layak pakai… (ujung Dermaga Mulai Sujud)…. perhatikan lingkaran merah.

#Mungkin dia lelah

#tak tahan beban.

Selain memposting kalimat yang menggambarkan kondisi dermaga, akun Facebook itu juga memposting sejumlah foto kondisi dermaga tambatan perahu saat pagi hari dan melingakari ujung dermaga dengan warna merah untuk memperlihatkan kondisi dermaga tersebut.

Postingan itu dibagikan ke akun group Kabupaten Buol, mendapat respon darj sejumlah anggotta group dengan memberi like (emoji jempol) dan emoji lainnya serta dan di kolom komentar, sejumlah warga net juga memberikan komen beragam atas kondisi dermaga tambatan perahu tersebut.

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

”benner