Bupati Buol Ditagih Janji Dirikan Perguruan Tinggi

Bupati Buol Amirudin Rauf Foto : IST

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Beredar kabar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) kampus Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, terancam ditutup pihak manajemen kampus induk STIE Mujahidin Kabupaten Tolitoli, Selasa (28/01/2020).

Kabar inipun, berimbas ditagihnya janji Politik Bupati Buol Amirudin Rauf, kepada masyarakat pada pesta demokrasi tahun 2018 lalu yang menjajikan akan mendirikan perguruan tinggi di Daerah itu.

Muat Lebih

Pemkab Buol (Bupati) dituntut untuk mewujudkan janji tersebut bukan sekedar PHP (Pemberian Harapan Palsu) untuk menarik simpati saat berkampanye.

Menanggapi tuntutan sejumlah kalangan akan janji dirikan perguruan tinggi Bupati Amirudin Rauf kepada utarapost.co.id, menjelaskan alasan belum terealisasinya janji politiknya itu.

Bupati Amirudin menjelaskan, Pemkab Buol saat ini tengah fokus pada program perbaikan ekonomi masyarakat dengan memprioritaskan bantuan langsung maupun tidak langsung berupa perbaikan infrastruktur.

“Membuat program pemerintah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat bukan keinginan segelintir orang karena yang digunakan untuk pembiayaan uang rakyat. Selain itu harus memperhatikan skala prioritas. Membangun PT di Buol sudah masuk dalam rencana besar pemda,”terang Amirudin.

Lanjut Bupati Amirudin, menuturkan selain fokus pada program peningkatan ekonomi kerakyatan. Pertimbangan lain belum direalisasikan pendirian perguruan tinggi karena pertimbangan penyesuaian perguruan dan fakultas dengan tingkat kebutuhan masyarakat.

Sehingga kelak mahasiswa lulusan memiliki kemampuan mandiri. Tidak sekedar menyandang titel namun mampu berkompetisi dalam bursa tenaga kerja baik di Buol maupun diluar daerah.

“Maka untuk Buol yang mungkin akan dibangun Pemda adalah pendidikan vokasi setingkat D3 bidang tehnis seperti tehnis perikanan, peternakan pertanian dan sejenisnya karena itu sesuai kebutuhan daerah. Saya kira kita harus realistis,”tutup Bupati Amirudin.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef