Bupati Buol Janji Tutup Perusahaan Kayu di Tiloan

Bupati Buol, Amirudin Rauf. (FOTO : Moh Syarif M Joesoef)

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Bupati Buol Amirudin Rauf, berjanji akan menutup perusahaan kayu yang melakukan aktifitas penebangan dikawasan hutan Kecamatan Tiloan, Desa Kokobuka, sebelum menyerahkan dokumen perizinan kegiatan kepada Pemkab Buol.

Penegasan itu disampaikan Bupati Amirudin kepada wartawan usai menghadiri acara lounching penyerahan secara simbolis bantuan sembako bagi PKM di Dinas Sosial, Kamis (13/02/2020).

Muat Lebih

“Inikan baru kabar yang kita dengar ada perusahaan itu, kalau dia tidak menghadap kemudian sudah beroperasi kita hentikan,”tegas Amirudin.

Dalam keterangan Bupati mengaku meski baru sebatas menerima informasi bahwa ada aktifitas pengambilan kayu di hutan Kecamatan Tiloan, namun pihaknya telah menyampaikan kepada Camat dan Kepala Desa untuk mengundang pihak perusahaan.

“Saya minta sebelum beroperasi mereka (perusahaan) harus menghadap kita dulu. Tujuannya mengecek dokumen untuk memastikan semua izin operasional mereka lengkap dan memenuhi syarat peraturan,”terang Amirudin.

Ia menegaskan jika perusahaan tidak koperatif, Pemerintah setempat tidak segan-segan melakukan tindakan tegas berupa penghentian seluruh aktifitas perusahaan bersangkutan.

Meski Bupati mengakui perizinan merupakan kewenangan Pemprov, namun perusahaan bersangkutan melakukan aktifitas penebangan hutan diwilayah Kabupaten Buol, sehingga tidak ada alasan bagi Pemkab Buol melakukan pemeriksaan dokumen perusahaan.

“Akan ada banyak hal yang akan kita kontrol disitu, diantaranya soal kordinat. Bisa jadi perusahaan pegang izin tapi beroperasi diluar areal izin yang diberikan, itu yang ingin kita cari tahu dulu,”tandas Bupati.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef