Demokrat Buol Dukung Aksi Mahasiswa Tuntut Dirikan Perguruan Tinggi

Plt Ketua DPC partai Demokrat Buol Kasmat Ibrahim. Foto : IST

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, mendukung gerakan mahasiswa Buol menuntut pemerintah setempat segerah merealisasikan janji mendirikan perguruan tinggi di Daerah itu.

Dukungan Demokrat itu disampaikan oleh Ketua DPC partai Demokrat Buol, Kasmat Ibrahim, kepada utarapost.co.id, Sabtu (01/02/2020).

Muat Lebih

Kasmat Ibrahim yang akrab disapa Matong, menilai biaya pendidikan yang mahal saat ini menyebabkan akses pendidikan semakin sulit terjangkau masyarakat. Kondisi itu membuat para lulusan SLTA lebih memilih menganggur ketimbang melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Ia menambahkan, aksi puluhan mahasiswa Buol yang menuntut Pemerintah setempat segerah mendirikan perguruan tinggi di Buol. Partai demokrat tidak tinggal diam dan menyatakan mendukung.

“Sebab, salah satu tugas Pemerintah adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, dari sisi ini pemerintah bertanggungjawab memajukan sektor pendidikan di Kabupaten Buol,”ujarnya.

.Lanjut Matong, dukungan DPC partai Demokrat Buol atas desakan mahasiswa tersebut karena melihat kebutuhan daerah akan perguruan tinggi negeri maupun swasta dinilai sangat mendesak.

“Pemda harus mampu memberi solusi kebijakan bagi lulusan SMA dan SMK yang terbatas secara ekonomi untuk kuliah di luar daerah,”katanya.

Meski membangun perguruan tinggi diakuinya, membutuhkan keseriusan serta kebijakan dan anggaran terencana untuk mewujudkannya. Namun setidaknya pemerintah harus mampu mewujudkan tuntutan para mahasiswa.

“Di Morowali di zaman Pak Anwar Hafid, Pemda melakukan kerjasama dengan Universitas Tadulako. Alhasil, disana dibangun kampus UNTAD II Morowali. Saya pikir Pemkab Buol mesti mulai entah dalam skema membangun kerja sama dengan UN terdekat, atau mengajak perguruan tinggi swasta untuk membangun cabangnya di Buol. Prinsipnya mesti ada kampus di Buol dengan berbagai macam jurusan dan program studinya,”tandasnya.*

Reporter : Firman Taid