Dikbud Buol Diminta Lakukan Diklat Soal Penanganan Dana BOS

SMP Negeri 3 Biau Kecamatan Biau Kabupaten Biau, merupakan salah satu sekolah penerima dana BOS. FOTO : FIRMAN TAID
banner 468x60

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Pihak Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat agar melakukan pendidikan dan pelatihan (Diklat), dalam penanganan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Permintaan tersebut disampaikan Kepala SMPN 3 Biau, Amran M. Pake saat dikonfirmasi, Rabu (30/10/2019) di ruang kerjanya.

Muat Lebih

Menuruntnya hal itu seiring dengan dibentuknya tim verifikasi dana BOS   oleh Pemerintah Daerah.

Amran menjelaskan, pentingnya dilakukan pendidikan dan pelatihan bagi pengelola dana BOS di sekolah, sehingga soal tata cara penyusunan LPJ  yang benar, agar keterlambatan pencairan dana BOS kedepannya tidak seperti di tahun 2019 ini.

“Karena memang salah satu penyebab keterlambatan pencairan dana BOS Tahun 2019 ini, kita menyesuaikan dengan regulasi yang baru, sementara pihak Dinas pendidikan dan kebudayaan sangat kurang melakukan sosialisasi dan pelatihan di sekolah-sekolah. Meskipun sosialisasi pernah dilakukan oleh pihak Dikbud, namun tidak tuntas dijelaskan tata cara penyusunan LPJ,” terangnya.

Amran berharap, agar kedepannya pihak Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol, mengagendakan secara khusus pendidikan dan pelatihan (Diklat) soal tata cara penyusunan LPJ BOS  yang baik dan BENAR, dengan menghadirkan semua bendahara-bendahara sekolah menengah pertama se Kabupaten Buol untuk mengikuti Diklat tersebut.

” Diklat bagi pengelola dana BOS di sekolah sangat penting agar keterambatan menyusun dan memasukan LPJ dapat dihindari dan pencairan pun tidak terlambat seperti saat ini. Minimal tiga hari  pelatihannya dan diagendakan setiap tahunnya sesuai dengan  adanya perubahan- perubahan soal pengelolaan dana BOS. Sehingga tidak ada kesalahan dalam pembuatan dan penyusunan laporan LPJ, sesuai harapan bersama,” tandasnya.

Reporter : Firman Taid

banner 300x250
banner 468x60