DPRD Minta Bupati Batalkan Hasil Pilkades Bermasalah

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Buol Ahmad Andi Makka.
banner 468x60

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buol meminta Bupati Buol Amirudin Rauf, membatalkan hasil Pilkades bermasalah yang sebelumnya telah berlangsung di 56 desa pada 2 Desember 2019.

Penegasan itu disampaikan Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Andi Makka, disela rehat usai gelar RDP membahas dugaan pelanggaran Pilkades Desa Taluan, diruang Baleg DPRD Buol, Kamis (12/12/2019).

Muat Lebih

Dirinya menjelaskan, desakan untuk membatalkan hasil pelaksanaan Pilkades atas dasar aduan masyarakat terhadap dugaan kecurangan pelaksanaan Pilkades disejumlah desa yang masuk di DPRD.

Jika terbukti laporan masyarakat tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol harus mengembalikan kepada peraturan yang berlaku.

“Jika ini bertentangan dengan peraturan kami minta kepada Bupati untuk membatalkan hasil Pilkades di Desa penyelenggara yang bermasalah dengan prosedur yang berlaku,”tegas politisi Gerindra itu.

Ia menambahkan, tentunya pembatalan perlu didasari ketentuan peraturan termasuk melakukan klarifikasi tentang aduan masyarakat kepada semua instrumen pelaksana Pilkades.

Kata Andi Makka, melihat dari gugatan Pilkades permasalahan yang mencuat berkaitan dengan dugaan pelanggaran aturan, yaitu Perbup nomor 19 tahun 2015 dan Perda nomor 3 tahun 2015.

“Seharusnya ini dihindari kalau itu benar terjadi maka tuntutan masyarakat betul. Jika seperti itu Bupati harus membatalkan hasil Pilkades yang bermasalah dengan mengembalikan ke prosedur yang berlaku,”terangnya.

Mengenai Perda nomor 3 tahun 2015 pasal 49 berkaitan Kades yang melepas jabatannya sebelum ditetap Perbup bisa mencalonkan diri dalam Pilkades, Andi Makka menilai telah terjadi multi tafsir. 

“Kemudian diartikan bahwa setelah ditetapkan Perbup Kades yang mundur tidak bisa lagi mencalonkan diri, padahal dalam Perbup bukan seperti itu tafsirannya,”tandas Andi Makka.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

banner 300x250
banner 468x60