DPRD Morowali : Penanganan Penyebaran Covid-19 Harus Sistematis

Ketua DPRD Kabupaten Morowali, Kuswandi
Ketua DPRD Kabupaten Morowali, Kuswandi

MOROWALI, UTARAPOST.CO.ID – DPRD Kabupaten Morowali, menyatakan penanganan penyebaran wabah virus corona (covid-19) perlu dilakukan secara sistematis dan terpadu, Selasa (17/03/2020).

“Harus ada upaya terpadu dan tersistimatis dalam penanganan wabah pandemi covid-19 dan saya kira itu adalah usul yang sangat baik dalam rangka cegah dini penyebaran wabah penyakit covid-19 jadi tidak ada kata pikir-pikir untuk lakukan langkah lockdown Sulteng,”tegas Ketua DPRD, Kuswandi.

Muat Lebih

Dia menjelaskan terpadu dan sistematis yaitu melibatkan para ulama, tokoh masyarakat, TNI, Polri, swasta untuk mensinergitaskan upaya pencegahan penyebaran wabah covid-19.

Sebut Kuswandi, terlepas dari kebijakan lock down Sulteng, langkah – langkah yang hari ini dilakukan oleh Pemkab Morowali itu juga patut di dukung dan ini perlu kerjasama semua pihak.

Kuswandi juga mengatakan bahwa ada banyak daerah yang sudah menutup akses mereka baik laut, darat maupun udara, termaksud fasilitas umum lainnya atau melakukan upaya pembatasan sosial lainnya dalam rangka pencegahan covid 19.

“Upaya cegah dini sudah dilakukan dan terakhir hari ini (minggu ) juga sudah dirumuskan langkah langkah dalam upaya pencegahan covid-19 di Kabupaten Morowali,”ungkapnya.

Usul Kebijakan lock-down sulteng selama dua minggu kedepan harus diikuti dengan langkah langkah terukur setiap kabupaten dan kota di Sulteng.

“Apalagi di Morowali, saya kira ini adalah daerah yang paling rawan dari semua daerah di Sulteng, disini ada ribuan tenaga kerja WNA asal Tiongkok, sehingga perlu dilakukan pemantuan dan memonitor daerah tertentu secara intens, dengan memperketat semua akses pintu masuk di wilayah ini” jelas Kuswandi.

Menurutnya sejauh ini Morowali masih negatif Covid19 . tentu semua pihak berharap situasi ini terus terjaga dan masyarakat kita semua terlindungi dari wabah pandemi ini.

“Kepada masyarakat untuk tenang, tidak panik, tetap bekerja produktif seperti sediakala dan sedapat mungkin untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah daerah yang pandemi covid-19 jika tidak penting untuk cega penyebarannya,”tandas Kuswandi.*

Reporter : Adi