Dua Desa di Kabupaten Buol Rawan Longsor

Ilustrasi rawan longsor.

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – BPBD Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, menyatakan Desa Harmoni Kecamatan Paleleh Barat dan Desa Lintidu, Kecamatan Paleleh rawan terhadap bencana tanah longsor.

“Di dua desa ini sekarang walaupun tidak hujan ada terasa pergerakan tanah sekitar pemukiman warga,”kata Kepala BPBD Buol Abdurasyid, ditemui utarapost.co.id, Senin (10/02/2020).

Muat Lebih

Abdurasyid, mengatakan sebanyak 51 kepala keluarga (KK) dengan rincian Desa Harmoni 11 KK dan Desa Lintidu 40 KK terancam keselamatan mereka jika sewaktu-waktu bencana tanah longsor terjadi. Desa Harmoni 11 KK dan Desa Lintidu 40 KK.

Kaban BPBD Kabupaten Buol Abdurasyid

“Jadi tidak semua wilayah dua desa ini rawan longsor tapi hanya sebagian saja. Kalau melihat kondisi adanya pergeseran tanah permukiman sekitar rawan untuk ditempati lagi,”terangnya.

Terhadap kondisi tersebut Abdurasyid mengaku telah memberikan himbauan kepada masyarakat setempat untuk segera mengosongkan permukiman yang dianggap rawan bencana tanah longsor.

“Kendalanya warga sampai saat ini masih bertahan karena belum dapat lahan untuk relokasi,”katanya.

Guna mengantisipasi kemungkinan serta demi keselamatan warga sekitar, kata Abdurasyid, pihaknya hingga kini mendirikan posko siaga bencana tidak jauh dari lokasi titik rawan tanah longsor.

“Sambil menunggu lokasi untuk relokasi warga kita ada dirikan posko siaga bencana karena yang namanya bencana kapan saja bisa terjadi untuk itu kita lakukan terus pemantauan situasi dilokasi sekitar,”tandasnya.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef