Empat Pelajar Buol Wakili Sulteng Pada Ajang FLS SMK Nasional

FOTO : Direktur BEI, Andi Asrawaty.

BUOL, UTARA POST – Empat pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terpilih mewakili provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk mengikuti ajang Festival Literasi Siswa (FLS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat Nasional. Mereka terpilih setelah berhasil masuk 10 besar tingkat provinsi Sulteng.

Adapun keempat pelajar tersebut yaitu, pada cabang lomba sudut Literasi adalah Andina Rahmadani dan Icha Wardani. Pada cabang lomba moda literasi bergerak adalah Satria M Oli serta Sugianto. Keempatnya adalah siswa SMK Negeri 2 Biau.

Muat Lebih

Mereka mengusung tema sudut baca dan gerobak baca “Pogogul” yang merupakan singkatan dari Pojok Baca Go Green Go Digital, terinspirasi dari sebuah nama gunung yang menjadi kebanggaan masyarakat Buol.

Selain itu konsep Go Green mereka tawarkan karena kecintaan mereka terhadap lingkungan sehingga gerobak dan sudut baca mereka buat dari bahan-bahan ramah lingkungan, mereka juga mengusung tema Go Digital agar dengan berliterasi siswa-siswi dapat bijak dan cermat dalam mengolah informasi di Era Digital ini.

Menurut Ica, Prestasi ini tak lepas dari dungan Penuh Kepala Sekolah SMKN 2 Biau, Irnawati Abd. Aziz Rani, S.Pd, juga bantuan dari seluruh warga sekolah.

Sementara itu, Pimpinan Buol Educare Institute (BEI), Andi Asrawaty,S.S.,M.Hum mengungkapkan, Buol Educare Institute sendiri merasa sangat bangga dipercayai sebagai pembimbing Eskul Literasi di SMKN 2 Biau. Siswa-siswi SMKN 2 memiliki semangat yang luar biasa sehingga dalam waktu bimbingan yang relatif singkat siswa-siswi dapat mengikuti bahkan saat ini menuju tiga besar nasional.

“Semoga prestasi dari SMKN 2 Biau ini dapat memberikan motivasi, menginspirasi serta menjadi pijakan awal dari bangkitnya gerakan Literasi Sulawesi Tengah, Khususnya Kabupaten Buol,” tandasnya.

Sekedar untuk diketahui, lomba FLS merupakan agenda gerakan literasi Nasional yang dicanangkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Lolosnya siswa siswi SMKN 2 Biau dalam lomba ini sekaligus satu satunya wakil Sulteng yang berhasil melaju ke 10 besar.

Bahkan untuk kali pertama mereka sukses mengukir prestasi pada lomba FLS dengan memborong dua kategori sekaligus. Yakni, cabang lomba moda literasi bergerak dan cabang lomba sudut Literasi.*

 (Rahman/BEI)