Evaluasi Pilkades Serentak, DPRD Buol Akan Undang Panitia

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buol, Ahmad Takuloe. FOTO : Moh Syarief M. Joesoef
banner 468x60

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Hasil pelaksanaan Pilkades serentak tahap III, pada (02/12/2019) lalu. DPRD Kabupaten Buol menerima sembilan laporan yang disampaikan masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Buol Ahmad Takuloe, mengatakan dari 56 desa yang menyelenggarakan Pilkades secara umum berlangsung aman.

Muat Lebih

Namun, kata Ahmad, ada beberapa permasalahan dalam pelaksanaan Pilkades. Sehingga perlu evaluasi dengan menghadirkan seluruh jajaran panitia pelaksana mulai dari panitia desa hingga panitia tingkat kabupaten.

Kata Ahmad, meski tugas DPRD bukan sebagai lembaga penyelesaian sengketa akan tetapi setidaknya hasil evaluasi bisa bahan referensi perbaikan pelaksanaan Pilkades kedepan.

“Dari laporan disampaikan ke DPRD ada ketidak puasan di beberapa desa. Sehingga masalah itu harus dipecahkan dengan cara analisa pada pelaksanaannya,”terang Ahmad.

Lanjut politisi PDI Perjuangan itu, menjelaskan berkaitan rencana evaluasi hasil Pilkades DPRD telah menyurat keseluruh panitia.

Ia menambahkan, dari sembilan laporan masyarakat terdapat berbagai permasalahan yang ditenggarai dilakukan oleh panitia desa. Mulai dari pelanggaran aturan pada proses pencalonan kepala desa, DPT ganda, pemilih siluman, pemilih dibawah umur hingga dugaan politik uang.

Ahmad mengatakan, sedianya DPRD segera mengagendakan evaluasi itu. Namun beehubung beberapa agenda rencana tersebut masih tertunda. Salah satu ada RDP yang juga berkaitan dengan soal Pilkades.

“Kenapa harus DPRD melakukan evaluasi hasil Pilkades, karena ada sejumlah desa menyampaikan permasalahannya. Kita ingin pada pelaksanaan Pilkades selanjutnya ini tidak terulang lagi kesalahan yang sama,”pungkas Wakil Ketua DPRD Buol itu.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

banner 300x250
banner 468x60