Kapolres Buol Pantau Harga Sembako Dipasar Tradisional

Kapolres Buol AKBP Wawan Sunarwirawan berbicang-bincang bersama pedagang pasar tradisional Kampung Bugis, Jum'at (14/02/2020). FOTO : IST

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Pasca aksi blokir jalan oleh para pedagang pasar tradisional Kabupaten Buol, di Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Biau, Kapolres Buol AKPB Wawan Sunarwirawan, melakukan pemantauan harga sembako, Jum’at (14/02/2020).

Dari hasil pemantauan tersebut harga kebutuhan sembako masih terjangkau tidak ada kenaikan yang menonjol.

Muat Lebih

Sementara itu kunjungan Kapolres Buol dimanfaatkan para pedagang pasar tradisional Kampung Bugis menyampaikan keluh kesa mereka.

Kepada Kapolres Buol, para pedagang ikan maupun sayur mayur, mengeluhkan akibat masih ada pedagang berjualan diluar areal pasar menyebabkan jualan mereka kurang laris bahkan hingga membusuk.

Para pedagangan juga menyampaikan kekecewaan mereka terhadap Pemkab Buol, yang dinilai tidak tegas melakukan penertiban kepada penjual yang masih berdagang area pasar lama di Kelurahan Buol.

Kapolres diminta menyampaikan keluhan mereka kepada Pemkab Buol, agar pemerintah segerah melakukan penertiban pedagang yang berjualan dieks pasar lama dan sekitarnya.

Jika Pemkab Buol tidak segerah menindaklanjuti keluhan mereka mengancam akan melakukan aksi berjualan disepanjang bahu jalan dalam kota Buol.

Berdasarkan data pedagang pasar tradisional Kampung Bugis, tercatat dari jumlah lapak yang ada dipasar itu, yakni 72 lapak, yang ditempati tinggal 15 lapak sisanya 60 lapak kini tidak berpenghuni atau sekitar 60 pedagang masih berjualan dipasar lama dan sekitarnya.

Sebelumnya upaya Pemkab Buol melalui Satuan Polisi PP, telah melakukan upaya penertiban kepada para pedagan ikan yang berjualan dieks pasar lama. Namun berselang beberapa  hari kemudian kembali pedagang yang ditertibkan berjualan ditempat yang sudah dilarang.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

”benner