Kecamatan Biau Juara Umum Festival Pesona Buol Ke VIII

Wakil Bupati Buol, H. Abdullah Batalipu saat menyerahkan piala bergilir Bupati Buol kepada Camat Biau, Purnomo, Selasa (15/10/2019) malam saat penutupan Festival Pesona Buol Ke VIII tahun 2019 di arena Eks STQ Kabupaten Buol. FOTO : RAHMAN
banner 468x60

Wakil Bupati Buol, H. Abdullah Batalipu saat menyerahkan piala bergilir Bupati Buol kepada Camat Biau, Purnomo, Selasa (15/10/2019) malam saat penutupan Festival Pesona Buol Ke VIII tahun 2019 di arena Eks STQ Kabupaten Buol. FOTO : RAHMAN

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Kecamatan Biau Kabupaten Buol menjadi juara umum dalam perhelatan Festival Pesona Buol (FPB) atau Mokoanga Buol Festival ke VIII tahun 2019, yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dalam rangka HUT Kabupaten Buol ke XX.

Muat Lebih

Festival Pesona Buol (FPB) atau Mokoanga Buol Festival ke VIII tahun 2019, sejak Sabtu (12/10/2019) hingga Selasa (15 /10/2019) malam atau lebih cepat dari jadwal yang direncanakan 12-17/2019.

Kecamatan Biau dalam perhelatan itu mengalahkan sepuluh kecamatan lainnya termasuk Kecamatan Momunu yang merupakan juara umum di tahun 2018. Kecamatan Biau meraih nilai penuh untuk semua kategori lomba dalam ajang tersebut

Piala bergilir Bupati Buol yang sebelumnya berada di Kecamatan Momunu, berpindah ke Kecamatan Biau. Piala bergilir itu diserahkan. Wakil Bupati (Wabup) Buol, H. Abdullah Batalipu kepada Camat Biau, Purnomo di malam penutupan yang dipusatakan di arena Eks STQ Kabupaten Buol, Kelurahan Leok II Kecamatan Biau.

Wabup Buol, Abdullah Batalipu dalam sambutan penutupannya mengatakan, kegiatan Festival Pesona Buol harus tetap dipertahankan dilaksanakan dan harus ada peningkatan dalam pelaksanaannya, sehingga bisa menjadi ajang dan ruang kreatif bagi pelaku seni dan budaya di daerah ini, sebagai upaya mendukung program pengembangan pariwisata bagi Kabupaten Buol dan program pesona Indonesia secara nasional.

“Kedepan acara harus lebih ditingkatkan, agar gaungnya bukan hanya skala lokal tapi berskala nasional dan internasional, sehingga potensi seni, budaya dan pariwisata yang dimiliki Kabupaten Buol dapat dilirik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” ujar Wabup.

Wabup menilai, mash banyak kekurangan yang harus dibenahi dan ditingkatkan dalam kegiatan Festival Pesona Buol ini, sehingga kedepannya pelaksana kegiatan ini dalam hal ini instansi teknis harus terus berbenah dan meningkatkan mutu perhelatan potensi seni, budaya dan pariwisata, sehingga dapat menjadikan Kabupaten Buol sebagai salah satu daerah tujuan (Destinasi) wisata di Indonesia yang memiliki kekhasan khusus.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Buol, Dr. Tonang Malongi yang ditemui usai
malam penutupan mengaku, pihaknya siap membenahi dan meningkatkan kegiatan Festival Pesona Buol berikutnya sebagaimana keinginan Wakil Bupati Buol.

“Kami akui masih terdapat banyak kekurangan dalam pelaksanaan Festival Pesona Buol ini, sehingga tahun berikutnya kami berupaya untuk lebih meningkatkannya sebagaimana masukan dan kritikan dari para pihak,” ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk Festival Pesona Buol berikutnya pihaknya akan meningkatkan bentuk pelaksanaannya sebagaimana masukan para pihak termasuk para seniman dan pengamat seni dan budaya, agar Festival Pesona Buol bukan hanya sebagai ajang kedaerahan tetapi menjadi skala nasional dan bahkan internasional, dengan membangun komunikasi intens dengan pelaku seni dan budaya baik yang ada di Buol sendiri maupun dengan yang ada di daerah lain serta negara lainnya.

Selain itu kata Tonang, kegiatan FPB ini juga telah masuk dalam kalender 100 iven pariwisata Kementerian Pariwisata RI, sehingga kedepannya upaya mempromosikan pariwisata yang dimiliki Kabupaten Buol ke kancah nasional dan Internasional bisa maksimal.

” Dengan masuknya kegiatan Festival Pesona Buol dalam kalender 100 iven pariwisata di Kementerian Pariwisata RI, pengembangan dan pengelolaan sektor seni, budaya dan pariwisata di Kabupaten Buol dapat terfokus dan ditingkatkan,” tandasnya.

Pada acara itu sejumlah seniman dan kurator seni dari Kota Palu dan dari Jakarta juga hadir dalam kegiatan itu sebagai tim pengamat dan disaksikan ribuan masyarakat dari sebelas kecamatan se Kabupaten Buol.

Reporter : Rahman

banner 300x250
banner 468x60