KLB Covid-19, Demokrat Buol Usul Pemkab Realokasi Anggaran

Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Buol, Kasmat Ibrahim. (FOTO : IST).

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Buol, Kasmat Ibrahim, mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan realokasi anggaran untuk biaya penanganan pencegahan penyebaran wabah covid-19, Senin (23/03/2020).

Usulan tersebut disampaikan Ketua DPC Demokrat Buol, Kasmat Ibrahim, melalui press release, Senin (23/03/2020).

Muat Lebih

Kasmat Ibrahim yang akrab disapa Matong menyebutkan, realokasi anggaran untuk pembenahan fasilitas kesehatan serta pemenuhan segala kebutuhan medis dalam menghadapi kondisi saat ini dan kedepan.

“Pemda mesti melakukan realokasi anggaran khusus untuk penanggulangan wabah ini terutama perbaikan segera fasilitas kesehatan dan pemenuhan obat-obatan, disinfectan, dll,”kata Kasmat dalam press release kepada utarapost.co.id.

Menurutnya, meski Kabupaten Buol belum terdapat satupun dinyatakan positif covid-19. berdasarkan data pemerintah. Namun dibutuhkan kewaspadaan dengan kesiapan fasilitas medis agar Kabupaten Buol dapat mencegah penyebaranya.

“Harus ada antisipasi dan persiapan jika bencana ini makin memperburuk kondisi ekonomi daerah (policy reponse) dengan menyiapkan strategi ekonomi terencana seperti memastikan harga kebutuhan pokok tetap stabil, stok sembako tetap tersedia, dan mengantisipasi tindakan penimbunan baik masker, handsanitizer, dan barang-barang kebutuhan pokok lainya,”terangnya.

Dalam press releasenya, Matong juga menyatakan sikap partai Demokrat yang mengapresiasi upaya Pemkab Buol melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

“Langkah pemerintah ini harus terus di dukung dengan solidaritas dan kerjasama antara seluruh lapisan masyarakat. Mekanisme pencegahan ini mesti berjalan intensif, masif, dan terkoordinasi. Seperti dengan menyiapkan sarana, rapid test, untuk identifikasi penularan sejak dini,”sambungnya.

Ia menambahkan, Pemerintah juga harus menyediakan tempat cuci tangan/handsanitizer gratis di areal-areal publik untuk memastikan rakyat menjaga kebersihan dan kesehatannya.

“Bagi masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) agar di lakukan pemeriksaan medis secara berkala oleh tim dokter Covid-19,”ujarnya.

Ia juga menyampaikan harapannya kepada seluruh elemen masyarakat bekerjasama membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran wabah covid-19 dengan menjaga pola hidup sehat, menghindari kerumunan dan keramaian, dan menerapkan pola social distancing.

“Perjalan luar daerah oleh pejabat pemerintahan atas alasan apapun agar tidak di izinkan (di hentikan) sampai status darurat Corona ini selesai,”pungkasnya.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef