Lakukan P4D, Kacabjari Tolut Undang Sejumlah Aparat Desa

Logo Kejaksaan IST

TOLITOLI, UTARA POST –  Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Kecamatan Tolitoli Utara (Kacab jari Tolut), Joni, SH belum lama ini mengundang sejumlah kepala desa (Kades) di Kecamatan Tolitoli Urtara, sebagai upaya melaksanakan fungsi pengawalan, pengamanan pembangunan dan pemerintahan (P4D) guna melakukan pembinaan dan pencegahan penyalahgunaan uang negara dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD)  dan Dana Desa (DD) tahun 2019 di wilayah tersebut.

Foto : Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Kecamatan Tolitoli Utara (Kacab jari Tolut), Joni, SH

Hal itu dibenarkah Kades Lakuan, Sahri, Rabu (3/1/19) saat di konfirmasi, Sahrir menjelaskan, pertemuan tersebut tidak membahas hal hal lain namun fokus pada pendampingan tim pengawalan, pengamanan, pembangunan dan  pemerintahan daerah (TP4D)

Muat Lebih

Baca Juga : Proyek Pembangunan Pasar Rakyat Desa Galumpang Berpotensi Mangkrak

Menurutnya, kegiatan P4D sangat penting, karena akan menambah wawasan pengetahuan setiap aparat desa, agar tidak terjerat dengan kasus hukum dalam memakai uang negara.

Baca Juga : Terkait Pelepasan Lahan, LMND Buol Tolak SK MenLHK

ATR-BPN Tolitoli Serahkan Sertifikat Ke Warga Di Enam Desa

” Kita merespon upaya dari Kacabjari Tolitoli Utara dalam memberikan pendampingan hukum dan pembinaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LSM Gerakan Anti Korupsi Sulawesi Tengah, Herdrik Lamo  menjelaskan, saat ini Satuan tugas ( Satgas ) untuk pengawalan Dana Desa sudah terbentuk mulai dari tingkat pusat, Provinsi dan Kabupaten. Satgas pengawalan  tersebut melibatkan Kepolisian dan Kejaksaan serta  Inspektorat.

“Jadi saat ini penggunaan DD sangat ketat Pengawasannya,” tandas Hendrik.

ACO/UP

”benner