Lambat Masukan LPJ Pencairan Dana BOS Molor

Kasubag Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Buol, Warlin Derek. Foto : Firman Taid

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Gara-gara lambat memasukan LPJ, tiga Sekolah Dasar di Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, hingga kini belum menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan III dan triwulan IV tahun 2019.

“Masih ada tiga Sekolah Dasar belum cair dana BOS triwulan III dan triwulan IV tahun 2019. Yaitu, SDN 22 Biau (TW IV), SDN 12 Bokat (TW IV), dan SDN 11 Tiloan (TW III-IV),”terang Kasubag Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Disdikbud Buol, Warlin Derek, Kamis (9/1/2020).

Muat Lebih

Sebut Warlin, belum cairnya dana BOS tiga itu karena belum memasukan LPJ penggunaan dana BOS periode sebelumnya sebagai syarat untuk pencairan dana BOS periode berikutnya.

“Kendala sehingga belum dicairkan dana BOS di tiga sekolah itu karema sampai hari ini mereka belum memasukan LPJ, sebagai syarat untuk pencairan,”terang Warlin.

Dikatakannya, pihak Dinas sendiri telah melakukan segala upaya untuk membantu sekolah dalam memudahkan proses pencairan. Seperti, menyurat pihak sekolah bahkan menjemput langsung dokumen LPJ.

“Namun dari pihak sekolah menyampaikan ke kami nanti diantar langsung ke dinas LPJ-nya, sampai hari ini mereka belum datang juga mengantar LPJ itu,”sambungnya.

Warlin menjelaskan, bagi sekolah yang dana BOS tahun 2019 belum cair akan tetap tersimpan di rekening sekolah sebagai silva. Penyalurannya sendiri menunggu hasil audit inspektorat selanjutnya dimasukkan dalam APBD perubahan.

Namun sebelum proses pencairan terlebih dahulu sisa dana tersebut pihak sekolah terlebih dahulu membuat Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).

“Kalau 2020 ini kan sudah normal yang sekarang bulan Januari ini, kita tinggal menunggu pemasukan LPJ TW 4 tahun 2019, kemudian kami lakukan verifikasi dan menunggu transfer dana dari pusat, lansung pencairan. Insya Allah kedepan tidak ada lagi kendala-kendala,”tandasnya.*

Reporter : Firman Taid