Langgar PKPU, KPU Buol Coret Bacaleg PKPI

Ketua KPU Buol yang didampingi dua Komisioner lainnya saat menggelar penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), Minggu, 12/8/2018) Foto: Ricky

BUOL, UTARAPOST – Minggu, (12/8/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buol, menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) 15 partai yang mengikuti kontestasi pemilihan legislatif tingkat Kabupaten pada bulan April 2019 mendatang.

Dari seluruh bacaleg tersebut, KPU mencoret satu nama Bacaleg asal partai PKPI Daerah Pemilihan (Dapil) 3, Justi S. Lagarutu.

Muat Lebih

Ketua KPU Buol, Alamsyah mengatakan alasan pencoretan satu nama Bacaleg tersebut dikarenakan yang bersangkutan secara aturan tidak memenuhi syarat.

“ Kita TMS-kan yang bersangkutan karena namanya di daftarkan oleh dua partai. Pada masa pendaftaran namanya didaftarkan PPP dan saat masa perbaikan juga didaftarkan oleh PKPI,” terang Alamsyah via hp, Senin (13/8/2018).

Sementara menurutnya, PKPU nomor 20 tahun 2018 pasal 7 ayat (1) huruf q sangat jelas bahwa Bacaleg hanya bisa dicalonkan oleh satu partai politik.

“ Jadi saya kira cukup jelas dasar kemudian kami melakukan itu,” tandas Alumni fakultas ekonomi Umi makassar itu. RC

”benner