Mahasiswa KKN Stisipol Buol Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi

Ketua Bidang Kemahasiswaan Stisipol Mujahidin Kabupaten Buol, Rusli Dunggio saat menyampaikan sambutan pada pembukaan seminar program kerja mahasiswa KKN angkatan XV tahun akademik 2019-2020. Foto : Firman Taid
banner 468x60

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Rusli Dunggio, menyatakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Stisipol Mujahidin Kabupaten Buol angkatan XV tahun akademik 2019-2020 adalah wujud Tri Dharma Perguruan tinggi.

Pernyataan tersebut diungkapkan Rusli Dunggio dalam sambutanya pada pembukaan seminar program kerja mahasiswa KKN di kecamatan Paleleh Barat, Jum’at (3/01/2020).

Muat Lebih

Dalam sambutannya, Rusli menjelaskan tri dharma perguruan tinggi mencakup tiga hal. Pembelajaran melaui tatap muka perkuliahan, pengabdian pada masyarakat dan penelitian (Penelitian dalam bentuk tugas yang diberikan oleh dosen dan penelitian dalam bentuk skripsi bagi program S1).

“Ketiga konsep itu adalah sebagai prasayarat mahasiswa beralih status menjadi seorang sarjana,”kata Rusli.

Ia menambahkan, jika salah satu dari tiga konsep tersebut hilang, maka secara otomatis seorang mahasiswa tidak akan mencapai gelar (kesarjanaa), karena tiga konsep tri dharma perguruan tinggi adalah sebagai bentuk hijrah dari status mahasiswa hingga akhir kuliah.

“Kebanyakan mahasiswa kita mengangap kegiatan KKN hanya merupakan kegiatan seremonial dan biasa-biasa saja, padahal jika kita mengkaji secara mendalam kegiatan ini adalah prasyarat seorang mahasiswa beralih status menjadi seorang sarjana,”terang Rusli.

Mengakhiri sambutannya, Ketua III Bidang kemahasiswaan itu, menyampaikan lima pesan kepada seluruh mahasiswa yang melaksanakan KKN selama dua bulan kedepan diwilayah itu.

“Bagi seluruh peserta mahasiswa KKN, anda harus tanamkan lima hal ini selama dua bulan dilokasi KKN. Pertama saudara harus sabar, sabar dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah, yang kedua saudara harus jujur, yang ketiga saudara harus adil, yang ke empat saudara harus ikhlas dan yang kelima saudara harus yakin,”pungkasnya.*

Reporter : Firman Taid

banner 300x250
banner 468x60