Masyarakat Desa Doda Sambut Baik Kegiatan TMMD ke 102

Para kaum perempuan yang menggunakan pakain adat ikut serta menyambut kegiatan TMMD ke 102 yang digelar Kodim 1307 Poso di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah, Selasa 10 Juli 2018. FOTO RAHMAN

DODA, UTARA POST – Kehadiran 150 personil TNI Angkatan Darat (AD) dari Kodim 1307 Poso dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 102 Tahun 2018 di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat.

Kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah tersebut, merupakan kegiatan pertama kalinya kemanunggalan TNI bersama rakyat setempat. Hal itu terlihat dari antusiasnya masyarakat Desa Doda membantu TNI sebelum kegiatan berlangsung.

Tak tanggung-tanggung senyum manis dari masyarakat Desa Doda serta sapaan akrab mewarnai setiap langkah saat memasuki lokasi TMMD  ke 102 di desa yang berada di 17 derajat celsius pada malam hari hingga pagi hari.

Kabut tebal yang menyelimuti suaasana lokasi TMMD  ke 102 di pagi hari, Selasa 10 Juli 2018, tak mematahkan semangat masyarakat Desa Doda mempersiapkan diri mengikuti kegiatan Pembukaan TMMD ke 102 tahun 2018, yang baru pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Lore Tengah tersebut.

Para kaum perempuan yang menggunakan pakain adat ikut serta menyambut kegiatan TMMD ke 102 yang digelar Kodim 1307 Poso di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah, Selasa 10 Juli 2018. FOTO RAHMAN

Meski kabut menyelimuti kawasan lembah, pagi hari itu masyarakat Doda sudah terlihat lalulalang, bahkan tak segan-segan menggunakan pakaian adat mereka menyambut kegiatan TMMD.

Kepala Desa Doda, Lorbes Mentiri mengatakan, pihaknya selaku pemerintah desa sangat bersyukur dengan hadirnya TNI di desa mereka, dalam untuk melaksanakan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 tahun 2018.

Dia menyebutkan, masyarakatnya juga cukup antusias membantu TNI dalam pelaksanaan kegiatan TMMD yang baru pertama kalinya dilakukan di Desa Doda ini. Hal itni kata kades terlihat dari ikut berpartisipasinya seluruh masyarakat dalam membersihak lokasi TMMD serta ikut menyiapkan tempat-tempat menginap bagi anggota TNI.

“Seluruh anggota TNI yang ikut dalam kegiatan TMMD ini, akan berbaur dan menginap di rumah-rumah penduduk, sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujarnya.

Kades Lorbes menjelaskan, kehadiran TNI dalam kegiatan TMMMD ke 102 merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Desa Doda, karena masyarakatnya dapat lebih mengenal keberadaan TNI dan tugas TNI, bukan hanya sebagai aparat keamanan tetapi ikut serta membangun daerah ini.

Kades Doda, Lorbes Mentiri

“Saya atas nama seluruh masyarakat Desa Doda sangat berterima kasih, dnegan adanya kegiatan TMMD ke 102 di desa kami. Ini membuktikan kecintaan TNI kepada kami selaku rakyat Indonesia, meski tempat kami jauh dari ibu kota kabupaten,” ujarnya.

Selain itu kata dia, kehadiran TNI dalam kegiatan TMMD juga sebagai upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan pembangunan kepada seluruh masyarakat khususnya kepada masyarakat yang ada di pedesaan, sehingga masyarakat masyarakt tidak merasa dibeda-bedakan dalam pembangunan.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan TMMD ini, masyarakat Desa Doda bisa merasakan manfaat pembangunan yang akan dilakukan TNI bersama Pemerintah Kabupaten Poso, dan tidak merasa tertinggal dengan daerah-daerah lainnya di Kabupaten Poso pada khususnya dan Indoensia pada umumnya.

“Kami sangat berterima kasih, karena dengan adanya kegiatan TMMD ini masyarakat kami juga merasakan kegembiraan tersendiri bisa bersama-sama TNi membangun daerah ini,” tandasnya. RAHMAN

”benner