Mokoanga Buol Festival Dipadati Ribuan Pengunjung

Suasana kegiatan Pemilihan Ta'Diti Maane Agu Ta' Diti Buai atau Pemilihan Putra Putri Pariwisata pada Mokoanga Buol Festival di panggung utama, Sabtu (12/10/2019) malam di arena Eks STQ Kabupaten Buol. FOTO : RAHMAN

Suasana kegiatan Pemilihan Ta’Diti Maane Agu Ta’ Diti Buai atau Pemilihan Putra Putri Pariwisata pada Mokoanga Buol Festival di panggung utama, Sabtu (12/10/2019) malam di arena Eks STQ Kabupaten Buol. FOTO : RAHMAN

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Kegiatan Mokoanga (Pesona) Buol Festival (MBF) ke VIII, yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Buol, sejak Sabtu (12/10/2019) malam hingga Kamis (17/10/2019) nanti, untuk meramaikan HUT Ke 20 Kabupaten Buol.

Muat Lebih

Pada malam pertama kegiatan MBF bertema “ Melestarikan Warisan Leluhur” tersebut digelar, Sabtu (12/10/2019) malam, di Arena Eks STQ Kelurahan Leok II Kecamatan Biau Kabupaten Buol, dipadati ribuan pengunjung dari sebelas kecamatan yang ada di daerah ini.

Pada kegiatan MBF itu sejumlah acara digelar pihak penyelenggara seperti Pemilihan Ta’Diti Maane Agu Ta’ Diti Buai atau Pemilihan Putra Putri Pariwisata , Pameran yang diikuti Sebelas Kecamatan, Lagu Daerah Putra dan Putri, Kreativitas Rebana, Kreativitas Gambus Jepeng, Lampion Boyo Pagut dan Karnaval Pariwisata Kecamatan Se Kabupaten Buol.

Dalam kegiatan itu juga ditampilkan juga peformer Sanggar Seni Ngang yang menampilkan Tari Pogut dengan penata tari Zainal Tahir serta Kelompok Teater Kindiatan yang menampilkan cerita Pogut Podoyo Fitana yang disutradarai Eteng Irsyad.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Buol, Dr. Tonang Malongi mengatakan, kegiatan ini laksanakan untuk memeriahkan hari ulang tahun Kabupaten Buol ke 20 tahun dengan menampilkan seluruh potensi seni, budaya dan pariwisata yang ada di sebelas kecamatan se Kabupaten Buol.

Dia menyebutkan, tujuan kegiatan Mokoanga Buol Festival Ke-VIII Tahun 2019 se Kabupaten Buol ini adalah memberikan ruang kreatif bagi masyarakat, terutama para pelaku seni dan budayawan guna meningkatkan wawasan seni budaya untuk pengembangan seni budaya kedepan dan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian di daerah serta ajang promosi pariwisata dan pengembangan atau pelestarian seni budaya tradisional di Kabupaten Buol.

Suasana ribuan pengunjung dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Buol memadati jalur masuk arena Mokoanga Buol Festival, Sabtu (12/10/2019) malam. FOTO : RAHMAN

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan potensi seni, budaya dan pariwisata yang dimiliki Kabupaten Buol, sehingga kedepannya seluruh potensi pariwisata di daerah ini dapat menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Tonang Malongi disela-sela kegiatan Mokoanga Buol Festival Buol, Sabtu (12/10/2019) malam.

Selain itu kata Tonang, kegiatan MBF ini juga telah masuk dalam kalender 100 iven pariwisata Kementerian Pariwisata RI, sehingga kedepannya upaya mempromosikan pariwisata yang dimiliki Kabupaten Buol ke kancah nasional dan internasional.

” Dengan masuknya kegiatan Mokoanga Buol Festival dalam kalender 100 iven pariwisata di Kementerian Pariwisata RI, pengembangan dan pengelolaan sektor pariwisata di Kabupaten Buol dapat terfokus dan ditingkatkan,” tandasnya.

Ribuan pengunjung yang memadati arena Mokoanga Buol Festival ke VIII tersebut, untuk menyaksikan perwakilan kontingen mereka dalam ajang Pemilihan Ta’Diti Maane Agu Ta’ Diti Buai, atau Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kabupaten Buol di panggung utama dan pameran yang diikuti sebelas kecamatan se Kabupaten Buol.

Pada acara itu sejumlah seniman dan kurator seni dari Kota Palu juga hadir dalam kegiatan itu sebagai tim pengamat.

Reporter : Rahman

”benner