Musrenbang RKPD Tolitoli, Bupati Minta OPD Bersinergi

FOTO : BUpati Tolitoli, Moh . Saleh Bantilan saat memberikan pidato pada acara Musrenbang RKPD, Rabu (20/3/2019).

TOLITOLI, UTARA POST – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolitoli melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di daerah itu.

Musrenbang RKPD yang  mengambil Tema “Peningkatan Daya Saing Daerah Berbasis Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Sumber Daya Manusia yang Religius, Berkarakter Aktif dan Berkeadilan,” digelar Rabu (20/3/2019) di Gedung Labong Boki Tolitoli, dibuka  Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan.

Muat Lebih

Bupati Hi. Moh. Saleh Bantilan dalam sambutannya  mengatakan, Perencanaan Pembangunan Daerah bertujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan usaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah.

Bupati, Moh. Saleh Bantilan dan Ketua DPRD Tolitoli, Andi Ahmad Syarif (Ketiga dari kanan) bersama sejumlah pejabat OPD pada kegiatan Musrenbang RKPD di Gedung Labong Boki, Kelurahan Baru, Rabu (20/3/2019). FOTO : HUMPRO PEMKAB TOLITOLI.

“RKPD Kabupaten Tolitoli tahun 2020 disusun dengan mendasari hasil kinerja pembangunan yang dicapai pada tahun sebelumnya, permasalahan dan isu strategis yang akan dihadapi pada tahun pelaksanaan dengan memperhatikan arah kebijakan pembangunan Nasional dan kebijakan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah serta mempertimbangkan sinergitas antar sektor dan antar wilayah,” kata Bupati Tolitoli, Moh. Saleh Bantilan saat membuka kegiatan tersebut.

Bupati  meminta, sebagaimana yang tertuang dalam rancangan RKPD Kabupaten Tolitoli penyusunan rencana kerja Perangkat Daerah diharapkan memperhatikan program dan kegiatan prioritas yang diusulkan melalui kegiatan Musrenbang Desa dan Kecamatan.

“Prioritas pembangunan tersebut bertujuan untuk meminimalisir  permasalahan baik di bidang ekonomi, sosial dan infrastruktur serta memperhatikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap memperhatikan nilai dan budaya masyarakat setempat,” papar Bupsti Tolitoli.

Orang nomor satu di Kabupaten Tolitoli itu menegaskan kepada seluruh Pimpinan Perangkat Daerah untuk lebih memprioritaskan program-program yang pro-rakyat yang sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan guna mencapai masyarakat Kabupaten Tolitoli yang sejahtera, berkeadilan, dan religius.

“Untuk mewujudkan hal tersebut kata Bupati, diperlukan adanya sinergi antara kebijakan Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Nasional serta kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak swasta,” tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Bappeda Kabupaten Tolitoli, Halimah Setyoningrum, selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan, Musrenbang RKPD tahun 2020 ini bertujuan untuk mendapatkan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah.

“Pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi Perangkat Daerah, termasuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program kegiatan indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah,” sebut Halimah.

Dia menambahkan, prioritas pembangunan Provinsi serta mengklarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Daerah Kabupaten dengan program dan kegiatan Desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.*

”benner