Nurlela, Atlit Tinju Putri Buol Cetak Sejarah di Porprov Sulteng

FOTO : Petinju wanita, Nurlela H Umu, berhasil mencetak sejarah untuk Kabupaten di ajang Porprov VIII Sulteng. Atlet asal Buol itu menjadi petinju pertama yang berhasil menggondol medali dalam sejarah cabor tinju Bumi Pogogul.

BUOL, UTARA POST – Petinju wanita, Nurlela H Umu, berhasil mencetak sejarah untuk Kabupaten di ajang Porprov VIII Sulteng. Atlet asal Buol itu menjadi petinju pertama yang berhasil menggondol medali dalam sejarah cabor tinju Bumi Pogogul.

Nurlelah, memastikan diri meraih medali emas setelah mengurungkan mimpi petinju putri asal Kota Palu E’en di partai final dan memastikan menggondol medali emas dikelas bantam 56 kilogram.

Muat Lebih

Keberhasilan Nurlela, dipesta olahraga dan tiga tahunan di Porprov VIII yang di selenggarakan di Kabupaten Parigi Moutung sekaligus menjadi sejarah kali pertama atlit tinju Buol meraih emas sekaligus dari atlit tinju putri. 

Nurlela H. Umur, atlit tinju asal Kabupaten Buol, peraih medali emas di kelas 56 Kg Putri, pada kejuaraan pekan olahraga Provinsi (Porprov) ke VIII di Kabupaten parigi Moutong. FOTO : IST

Demikian diungkapkan Ketua Harian Pertina Buol, Muhamad Singara, dalam acara malam syukuran atas kesuksesan atlit cabor tinju Buol di pesta olahraga tiga tahunan itu.

Sebut Singara, Meski pada porprov Sulteng atlit tinju Buol kurang begitu dilirik namun petinju Bumi Pogogul mampu menghasilkan medali emas khususnya di kelas bantam 56 kilogram.

Singara mengatakan.

“ini sejarah pertama Pertina Kabupaten Buol sejak Buol menjadi Kabupaten berdiri sendiri setelah terpisah dari Kabupaten induk Tolitoli,”ucap Singara.

Kata Singara, sejauh ini prestasi terbaik cabor tinju di ajang pesta olahrag tingkat Propinsi kabupaten Buol hanya mampu menorehkan medali perak. Dengan keberhasilan Nurlelah, Singara, berharap hasil ini dapat memicu motivasi lebih banyak petinju wanita lagi untuk berprestasi.

Singara, menambahkan suksesnya petinju putri berusia 17 tahun itu pada porprov Sulteng, Nurlela selanjut akan mewakili Sulawesi Tengah di Pra PON yang rencananya akan berlangsung di Papua.

Selain Nurlela, dua petinju lainnya juga berhasil menyabet medali perunggu yakni, Sandi J. Idris dan Jibran Bin Yahya.

Pekan Olahraga Provinsi ke VIII, Sulteng yang berlangsung di Kabupaten Parimo mulai tanggal 23-30 April. Buol menurunkan sebanyak 248 orang yang terdiri dari 209 atlet untuk 18 cabor dan 39 official/pelatih.

Sementara Porprov VIII ini dikuti oleh 12 kontingen kabupaten dan satu kota se Sulteng dengan 2. 468 Atlet. Para kontingen bertanding di 18 cabor yang dipertadingkan.*

(Moh Syarif M Joesoef)

”benner