Ombak Pasang Rusak Rumah Warga di Buol

Tembok bronjong penahan ombak dikawasan pantai Bendar Kelurahan Buol,patah akibat tak mampu menahan gerasnya terjangan gelombang pasang. FOTO : IST

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Gelombang pasang menerjang permukiman warga dikawasan pesisir pantai Kelurahan Leok 2 dan Kelurahan Buol, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Selasa (11/02/2020) pukul 19.30 WITA.

Selain merusak satu unit rumah warga gelombang pasang juga menjebol tanggul tembok penahan ombak dikawasan pesisir pantai Bendar, Kelurahan Buol hingga patah.

Muat Lebih

Satu unit rumah yang dikabarkan rusak milik Kisman A Habir (34) warga RT 07/ RW 05, Kelurahan Leok 2. Akibat hantaman ombak Kisman berserta keluarga terancam tempat tinggal.

Kisman A Habir Warga (34),Kelurahan Leok 2 yang rumahnya rusak diterjang ombak pasang, Selasa (11/02/2020). FOTO : IST

Informasi diperoleh, ombak air pasang tidak lagi memecah di bibir pantai, namun langsung ke daratan sehingga air pecahan ombak dengan mudah masuk ke dalam rumah, dan permukiman warga setempat.

Camat Biau Purnomo Mener, ditemui usai mengikuti lounching penyerahan bantuan PKM di Dinas Sosial, Kamis (13/02/2020), mengatakan pihak bersama pemerintah Kelurahan terdampak telah meninjau langsung ke lokasi.

Berdasarkan hasil peninjauan kata Camat, ia langsung menginstruksikan pemerintah Kelurahan segerah berkoordinasi dengan pihak BPBD. Hasil kordinasi BPBD menyampaikan segerah lakukan pendataan kerugian yang dialami korban.

“Kami juga sudah menyampaikan kepada masyarakat yang permukimannya terancam dampak ombak untuk sementara mengunsi ketempat yang lebih aman karena kondisi cuaca sampai sekarang masih rawan gelombang,”tandasnya.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef