Opster TNI 2018 di Poso Capai Target

Danrem 132/Tdl selaku Dansatgas Opster TNI Sintuwu Maroso 2018 Kolonel Inf Agus Subiyanto yang diwakili Wadansatgas Opster TNI Letkol Inf Dody Triyo Hadi, S.Sos, melaksanakan peninjauan ke lokasi pengerjaan Sasaran Fisik Renovasi 6 (enam) unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di sector II Kecamatan Poso Pesisir Kab Poso.

POSO, UTARA POST- Pelaksanaan Operasi Teritorial (Opster) TNI Sintuwu Maroso Tahun 2018 di Kabupaten Poso, mencapai target khususnya dalam hal pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi Rumah Layak Huni (RLH).

Hal itu terungkap saat kunjungan kerja tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI di Kabupaten Poso, Rabu 16 Mei 2018 lalu.

Kunjungan itu dipimpin secara langsung oleh ketua Wasev Opster TNI 2018, Brigjen TNI Asep Warsito di dampingi Danrem 132 Tadulako, Kolonel Inf Agus Subiyanto, Danyon 714/SM, Mayor Ariyanto, Danramil Poso Pesisir 1307/09, Kapten Jayadi dan rombongan dari mabes TNI, Letkol Inf Jamaludin

Peninjauan dilakukan bertujuan untuk melaksanakan pengawasan dan evaluasi kegiatan Opster TNI Sintuwu Maroso 2018 yang penyelenggaraannya terpusat di wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Ketua Tim Wasev, Brigjen Asep Warsito bersama rombongan saat memantau hasil pembuatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga yang berada di Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir menjadi Rumah Layak Huni, melakukan wawancara tehadap pemilik rumah yang direhab pihak TNI.

Asep Warsito menyampaikan, peninjaun opster dilakukan untuk mengetahui kendala dilapangan serta sejauh mana hasil opster dilaksanakan.

“Untuk di Poso sejauh ini kami belum mendapat kendala dan kami melihat di Poso berhasil sesuai target kami,” ujar Asep Warsito.

Wasep menjelaskan, jika selama opster TNI 2018 digelar, pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti senjata dan dua orang kelompok MIT yang turun gunung.

“Bisa menyentuh dengan kita, kelompok DPO yang kita cari mereka sudah turun dan laporan dari Danrem ada senjata yang kita amankan. Tentunya kita bersama masyarakat bahu-membahu membangun kota Poso ini,” ungkapnya.

Tak hanya bertemu dengan warga pemilik RTLH, Wasev Warsito juga menyerahkan bantuan sembako.

Pelaksanaan Opster TNI 2018 yang sudah berjalan tiga bulan ini, ditutup pada Sabtu 19 Mei 2018 lalu.

Danrem 132/Tdl selaku Dansatgas Opster TNI Sintuwu Maroso 2018 Kolonel Inf Agus Subiyanto yang diwakili Wadansatgas Opster TNI Letkol Inf Dody Triyo Hadi, S.Sos, melaksanakan peninjauan ke lokasi pengerjaan Sasaran Fisik Renovasi 6 (enam) unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di sector II Kecamatan Poso Pesisir Kab Poso.

Sementara itu, Danrem 132 Tadulako, Kolonel Inf Agus Subiyanto mengatakan, dari hasil paparan dalam rapat tadi, sejauh ini pelaksanaan opster di Poso sudan mencapai seratus persen.

Dimana selama tiga bulan sejak Opster di buka pada Maret 2018, pihak Satgas Opster TNI Sintuwu Maroso sedikitnya telah berhasil merehab 71 RTLH milik warga miskin menjadi Rumah Layak Huni, 4 rehab rumah ibadah dan kegiatan penyuluhan narkoba, layanan kesehatan yang semuanya telah mencapai seratus persen

“Allhamdulilaah semua sudah berjalan dengan baik,” ucap Danrem Agus Subiyanto.

Danrem menambahkan, pelaksanan Opster 2018, tidak lepas adanya kerja sama dengan pihak Pemda Poso, sehingga kemungkinan opster nantinya akan berlanjut jika masih dibutuhkan.

“TNI tidak bekerja sendiri Pemda juga mendukung program ini. Insya Allah tahun depan kelanjutan opster akan kami sarankan kepada Mabes TNI supaya warga yang masih membutuhkan program opster bisa tersentuh,” ungkapnya.

Selain wilayah Kecamatan Poso Pesisir, beberapa wilayah yang menjadi target opster 2018 seperti Desa Labuan, Kecamatan Lage juga dikunjungi Wasev bersama rombongan. VJR/RHM

”benner