Pedagang Pasar Kampung Bugis Tagih Janji Wabub

Tagi janji puluhan pedagang ikan pasar Kampung Bugis seruduk kantor BPKAD menemui Wabup Buol H Abdullah Batalipu yang tengah memimpin rapat, Rabu (19/02/2020) FOTO : IST

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Puluhan pedagang ikan pasar tradisional Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Biau, menemui Wakil Bupati Buol H Abdullah Batalipu, yang tengah memimpin rapat di kantor BPKAD, untuk menagih realisasi janji penertiban pedagang ikan di pasar lama, Kelurahan Buol, Rabu (19/02/2020).

“Kedatangan kami ini adalah meminta bukti realisasi pemerintah yang berjanji untuk menertibkan penjual ikan di ruas jalan pasar lama,”ujar Amir, mewakili rekan sesama pedagang ikan pasar Kampung Bugis.

Muat Lebih

Amir mengatakan, masih adanya pedagang ikan yang berjualan di pasar lama Kelurahan Buol, ikan mereka membusuk karena berhari-hari tidak terjual akibat tak ada pembeli datang ke pasar Kampung Bugis.

“Itu semua disebabkan karena masyarakat sudah singgah berbelanja kepada penjual ikan yang ada di sepanjang jalan pasar lama,”sambung Amir dengan nada tinggi.

Menanggapi keluhan para pedagang ikan pasar Kampung Bugis, Wabup Buol H Abdullah Batalipu didampingi Kasat Pol PP kembali bernjanji secepatnya akan menyelesaikan tuntutan massa aksi.

Kata Wabup, sebagai solusi pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Pol PP dan Pemerintah Kelurahan Buol beserta jajarannya untuk segerah melakukan penertiban pedagang ikan yang masih berjualan disepanjang bahu jalan pasar lama.

“Nanti kita akan segera berkoordinasi dengan Lurah serta RW dan RT setempat, untuk sama-sama menertibkan pedagang ikan yang masih beraktifitas di ruas jalan, sebagai bentuk solusi terhadap keluhan pedagang yang berjualan di pasar Kampung Bugis,”janjinya.

Sebelumnya puluhan pedagang ikan Kampung Bugis mendatangi Polres Buol. Mereka memintah Kapolres Buol AKBP Wawan Sunarwiran, untuk memediasi permasalahan kepada Pemkab Buol.

Kapolres Buol AKBP Wawan Sunarwirawan saat menerima puluhan pedagang ikan pasar Kampung Bugis, dihalaman Mako Polres Buol, Rabu (19/02/2020). FOTO : Moh Syarif M Joesoef

Dihadapan Kapolres puluhan pedagang ini juga mengancam akan kembali melakukan aksi blokir jalan depan pasar Kampung Bugis sampai Pemkab Buol dapat menertibkan pedagang ikan di pasar lama.

Usai mendengarkan keluhan puluhan pedagang ikan, Kapolres langsung melakukan koordinasi dengan Pemkab Buol. Kapolres juga menghimbau para pedagang agar tidak melakukan tindakan anarkis serta tetap menjaga keamanan dan ketertiban sambil menunggu solusi dari Pemerintah.

“Sambil menunggu solusi yang akan dilakukan oleh Pemda Buol, saya harapkan agar saudara-saudara tetap melakukan aksi dengan damai, sama-sama kita jaga Kamtibmas, agar suasana tetap aman dan kondusif,”tandas Wawan Sunarwirawan.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

”benner