Pekerjaan Proyek Jalan Nasional Ruas Lingadan-Buol Belum Selesai

Pihak Kontraktor, PT. Trisandi Yudha belum mengerjakan pengaspalan sekitar 68 meter jalan di sekitar jembatan mata air desa Kumaligon, Kecamatan Biau. (FOTO : Ricky Muda/UP).

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Pekerjaan Preservasi jalan dan Jembatan di Wilayah kerja Pelaksana Jalan Nasional (PJN) 1, ruas jalan Lingadan-Buol batas jembatan Kampung bugis, hingga saat ini belum selesai proses pengerjaannya.

Dari hasil pantauan Utarapost.co.id Sabtu (14/03/2020) paket proyek milik BPJN XIV Palu yang dikerjakan PT. Trisandi Yudha trersebut, masih terdapat item pekerjaan di beberapa titik yang belum dilaksanakan.

Kondisi bangunan struktur pasangan talud yang dibiarkan terbengkalai terletak di kilometer 525-526 antara desa Pinjan dan Diule, Kematan Tolitoli Utara. (FOTO : Ricky Muda/UP)

Seperti, pembuatan bangunan struktur pasangan talud yang terletak antara kilometer 525-526 dan kilometer 531-532 desa Pinjan-Diule, Kematan Tolitoli Utara, serta pasangan Talud di desa Mokupu, Kecamatan Karamat, tampak dibiarkan terbengkalai bahkan sama sekali belum dikerjakan.

Selain itu di titik jembatan mata air, desa Kumaligon, Kecamatan Biau, terdapat sektar 68 meter jalan yang belum dikerjakan pengaspalannya.

Bahkan item pekerjaan Markah (garis as jalan) di sepanjang ruas jalan paket proyek tersebut baru sebagian kecil yang dilaksanakan proses pengerjaannya.

Titik pekerjaan bangunan struktur pasangan talud yang belum di kerjakan, terletak di kilometer 531-532 desa Pinjan, Kecamatan Tolitoli Utara. (FOTO : Ricky Muda/UP)

Meski demikian dari informasi yang berhasil dihimpun bahwa proyek dengan nilai kontrak RP.37 miliar tersebut, sudah dilaporkan 100 persen progres pelaksanaan pekerjaan sejak berakhirnya masa kontrak desember tahun 2019.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 04 ruas jalan Lingadan-Buol, Lasappe di konfirmasi mengaku bahwa setelah tanggal 31 desember bahwa masih banyak item pekerjaan yang perlu di berbaiki.

Pekrjaan Markah (garis as jalan) sebagian besar belum dilaksanakan. Tampak Markah jalan di desa Bintoann Kecamatan Tolitoli Utara belum dikerjakan. (FOTO : Ricky Muda/UP)

“Jadi kemarin setelah tanggal 31 desember masih banyak yang perlu perbaikan pak,” Tulis Lasappe, via messenger, Kamis (19/02/2020)

Ditanya soal adakah penambahan waktu pelaksanaan pekerjaan yang di berikan oleh PPK kepada PT.Trisandi Yudha ?, Lasappe tidak menjawab dan hanya beralasan bahwa akan menggunakan masa pemeliharaan untuk menyelesaikan item pekerjaan yang belum rampumg.

“ Masa pemeliharaannya sampai 31 desember 2020 pak,”Kilahnya.

Reporter : Ricky Muda