Pemcam Biau Akan Canangkan Program Bank Ternak

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Biau, Kabupaten Buol, berencana mencanangkan program Bank Ternak. Tujuannya, untuk meminimalisir ternak yang dilepasliarkan oleh pemiliknya, sekaligus mendukung program Pemkab Buol, bebas ternak berkeliaran.

Demikian diungkapkan Camat Biau, Purnomo Mener, dalam kesempatan dialog bersama utarapost.co.id, Sabtu (18/01/2020).

Muat Lebih

Purnomo, mengatakan program ini masuk dalam program inovasi Pemerintah Kecamatan dengan nama program Bank Ternak Kecamatan Biau.

Harapannya, melalui program tersebut para peternak sapi yang selama ini memelihara dengan sistem tradisional atau dilepasliarkan oleh pemiliknya akan teroganisir melalui satu tempat yang akan disediakan oleh pemerintah.

Pemeliharaan hewan ternak sapi melalui program Bank Ternak, akan dikandangkan dan para pemilik ternak akan didampingi tenaga teknis.

“Dengan menggunakan system Shelter Sapi dengan harapan semua ternak sapi di Biau dapat di kelola secara baik, dan dipelihara dalam satu tempat dengan mekanisme yang baik dan melibatkan tenaga tehnis dan tidak dipelihara individu dengan resiko ternak berkeliaran,”terang Camat.

Sebut Purnomo, inisiatif program Bank Ternak yang saat ini tengah dalam tahap penyusunan master plan, selain bertujuan mensukseskan program Pemkab Buol, menujuh Kabupaten Buol bebas ternak sapi berkeliaran.

Purnomo, juga menyampaikan guna memantapkan rencana pencanangan program Bank Ternak ini pihaknya sebelumnya juga telah menemui penyuluh kecamatan dan dokter hewan dan mendapat respon serta dukungan secara teknis dari peternakan.

“Semoga rencana ini bisa dilaksanakan dan berjalan dengan baik dan mendapatkan dukungan para peternak dan masyarakat,”harapnya.

Reporter : Moh Syarif M Joesoef