Pemcam Biau Keruk Sungai Cegah Banjir Dimusim Hujan

Pengerukan sungai menggunakan alat berat jenis Exavator, di saluran air kompleks Kasanangan Kelurahan Kali, Kamis (26/03/2020). FOTO : IST

BUOL ,UTARAPOST.CO.ID – Pemerintah Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, saat ini tengah melakukan pengerukan dua sungai diwilayah Kelurahan Kali, mengantisilasi banjir di musim hujan, Kamis (26/03/2020).

“Pengerukan dilakukan sebagai upaya penanggulanagan banjir yang sering terjadi diwilayah Kelurahan Kali lorong pertanian lama dan tabodok,”kata Camat Biau, Purnomo Mener kepada utarapost.co.id.

Muat Lebih

Purnomo menjelaskan pengerukan dilakukan berdasarkan hasil identifikasi banjir yang melanda wilayah Kelurahan Kali setiap musim hujan karena meluapnya air dari sungai Tabodok dan sungai Kasanangan.

“Itu kemarin sungainya sudah kecil dan dangkal akibatnya air meluap sampai merendam pemukiman warga,”ujar Camat.

Camat Biau, Purnono Mener tengah melakukan peninjauan pekerjaan pengerukan sungai Kasanangan Kelurahan Kali, Kamis (26/03/2020). FOTO : IST

Ia menambahkan, pekerjaan pengerukan sungai Kasanangan dilakukan hingga mencapai terusan kanal dan telah rampung. Selanjutnya, pekerjaan yang sama disungai Tabodok, rencana dimulai besok Jum’at (27/03/2020).

Lanjut Purnomo, adapun panjang keseluruhan pengerukan sunga berkisar dua kilometer, mulai dari sungai Tabodok melintas sungai Kasanangan lurus sampai ke kanal belakang menuju sungai Buol.

“Dengan dilakukan pengerukan diharapkan aliran sungai lancar dan air tidak meluap karena sudah diperbesar dan di keruk perdalam dua sungai ini,”harapnya.

Sebut Camat, sesuai rencana pekerjaan pengerukan akan rampung dalam waktu dua minggu. Tersisa waktu sepekan. Ia juga menyebutkan, kegiatan terlaksana kerjasama dengan Dinas PU Buol.

“Kami berkoordinasi dengan PU, mendesak PU untuk segera karena sudah tiga kali hujan dengan intensitas tinggi terjadi banjir besar dan merendam rumah warga. PU menggunakan dana darurat untuk pekerjaan,”pungkasnya.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

”benner