Pemkab Buol Percepat Pembangunan Kawasan Peternakan Sapi

stiker kampanye program One Man One Cow atau program Satu Orang Satu Ekor Sapi yang diprogramkan Pemkab Buol Provisni Sulawesi Tengah sebagai upaya tindaklanjut kerja sama Utara-Utara. FOTO : IST

*Dukung Program One Man One Cow”

BUOL , UTARA POST – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol terus menggonjot percepatan pembangunan kawasan peternakan sapi di wilayah itu sebagai tindak lanjut hasil seminar yang digelar beberapa waktu lalu.

Percepatan pembangunan kawasan peternakan sapi itu, guna mewujudkan program one man, one cow (satu orang, satu ekor sapi) yang telah dicanangkan Pemkab Buol, dalam mensukseskan kerjasama kawasan Utara-Utara yang digagas empat kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Utara. Keempat kabupaten itu yakni Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Buol dan Kabupaten Bola’ang Mongondow Utara.

Program satu orang, satu ekor sapi ini telah dicanangkan pada akhir Januari lalu, merupakan upaya menjadikan Kabupaten Buol sebagai salah satu kawasan penyangga sapi nasional di Kawasan Timur Indonesia.

Bupati Buol, dr. Amirudin Rauf saat ditemui di Rumah Jabatannya menjelaskan, program One Man, One Cow yang dilakukan Pemkab Buol ini, sepenuhnya didukung oleh Kementerian Pertanian dalam hal ini menteri Pertanian, dengan menyiapkan sebanyak 500 ekor induk sapi yang berasal dari Australia.

“500 ekor induk sapi Australia itu akan dikembangkan di 315 hektare kawasan yang akan dibangun di Desa Air Terang Kecamatan Tiloan,” jelasnya.

Dia menyebutkan, di kawasan 315 hektare itu, akan dilengkapi dengan fasilitas pengembangbiakan, penggemukan dan pembibitan sapi yang dikerjakan para ahli dari sebuah NGO asal Negeri Belanda. “Hasil dari pengembangbiakan itu nantinya anak-anak sapi tersebut akan dibagikan ke masyarakat dan selanjutnya sapi-sapi masyarakat itu bisa digembalakan di kawasan peternakan yang disiapkan pemerintah tersebut,” ujarnya.

Bupati menambahkan, program One Man One Cow ini yang didukung salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat atau NGO yang ada di Negeri Belanda dengan menyiapkan tenaga ahli di bidang peternakan.

”Saat ini NGO asal Belanda itu sedang melaksanakan pelatihan-pelatihan soal peternakan seperti soal pembuatan pakan ternak, soal pengembangbiakan dan sebagainya yang berkaitan dengan kawasan peternakan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah dari empat Kabupaten yang menjalin kerja sama pembangunan ekonomi dengan NGO asal Negeri Belanda dalam program kerjasama Utara-utara.Tiga kabupaten lainnya yakni Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara.

Penulis : AAN/

Editor   : Rahman Asnawi

”benner