Pemkab Buol Segera Terapkan Kawasan Tanpa Rokok

Kadis Kesehatan Muhammad Rizal didampingi dua stafnya, saat berkoordinasi dengan Kapolres Buol, AKBP Wawan Sunarwirawan terkait rencana pertemuan membahas penerapan KTR, Rabu (06/11/2019). Foto : Moh Syarif M Joesoef
banner 468x60

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Sulawesi Tengah, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Buol, segera menerapkan kawasan tanpa rokok (KTR).

Hal itu, diungkapkan Kepala Dinkes Buol, Muhammad Rizal, kepada utarapost.co.id, usai menemui Kapolres Buol, AKBP Wawan Sunarwirawan, dalam rangka koordinasi terkait rencana penerapan KTR, Rabu (06/11/2019).

Muat Lebih

“Tadi kami menemui Kapolres berkoordinasi dalam rangka rencana penerapan kawasan tanpa rokok ini. Jum’at nanti kami akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak yang terlibat didalam rencana ini,”terang Rizal.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan penerapan KTR akan dibentuk tim terpadu terdiri atas Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Sat Pol PP dan Dinas Kesehatan selaku leading sektor.

“Penerapan Kawasan Tanpa Rokok ini bertujuan untuk melindungi hak sekelompok masyarakat bukan perokok untuk menghirup udara yang bersih dan sehat, bebas dari asap rokok,”ujar Rizal.

Dijelaskan Rizal, rencana penerapan KTR berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2014 itu, sebelumnya telah dilakukan sosialisasi kurun dua tahun terakhir dan akan segera diterapkan tahun ini.

“Penerapannya kita akan mulai dari sarana umum eksklusif seperti diantaranya Sekolah, rumah sakit dan puskesmas termasuk di kantor Dinas Kesehatan,”terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Muhammad Rizal berpesan kepada seluruh elemen yang ada di Daerah itu, untuk bersama-sama mendukung penerapan kawasan tanpa rokok dengan cara memanfaatkan tempat-tempat merokok yang telah disediakan.

“Kami berharap kepada teman-teman terutama yang perokok, bukan kita melarang untuk merokok tetapi menempatkan bagaimana merokok di tempat yang sudah disediakan,”tutupnya.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

banner 300x250
banner 468x60