Pemprov Sulteng Tarik Alat Berat BPBD Buol

Kaban BPBD Kabupaten Buol Abdurasyid

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Kabar yang masuk ke meja redaksi utarapost.co.id, Senin (10/02/2020) menyebutkan satu unit alat berat jenis excavator type Ds 200 milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buol yang diperuntukan sebagai alat bantu evakuasi jika terjadi bencana telah ditarik Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Dikonfirmasi diruang kerjanya Kepala BPBD Kabupaten Buol, Abdurasyid tidak menampik kabar tersebut.

Muat Lebih

“Sebenarnya bukan penarikan karena memang alat berat ini aset milik Pemprov yang dipinjamkan kepada BPBD Buol untuk penanggulangan bencana,”terangnya.

Ia menjelaskan, sehubungan Kabupaten Buol pada tahun 2019 kemarin dibeberapa wilayah mengalami musiba bencana alam maka pihak BPBD Buol menyurat kepada BPBD Provinsi untuk meminjam alat berat.

Lanjut Abdurasyid menjelaskan dalam surat pinjam pakai jangka waktunya hingga 12 Desember 2019 dengan berakhirnya masa pinjam pakai serta kebutuhan mendesak Pemprov untuk sementara alat berat ditarik.

Berdasarkan surat BPBD Palu nomor 020.61/BID II/BPBD tanggal 06 Februari 2020, penarikan alat berat untuk kepentingan percepatan pembangunan Huntap bagi korban bencana gempa bumi, stunami dan likuifaksi tahun 2018 lalu.

“Sebenarnya kita sudah menyurat perpajangan pinjam pakai hanya saja kebutuhan mendesak pembangunan Huntap harus dikerjakan maka Pemprov kirim surat untuk sementara alat berat dikembalikan,”tandas Abdurasyid.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef