Penarikan Alat Berat Diduga Karena BPBD Buol Pakai Kerjakan Proyek

Excavator aset milik Pemprov Sulteng yang dipijam pakai BPBD Kabupaten Buol, tengah beroperasi dilokasi proyek jalan Desa Pokobo. (FOTO : IST)

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Penarikan alat berat (excavator) type Ds 200 oleh Pemprov Sulawesi Tengah yang sebelumnya dipinjamkan kepada BPBD Kabupaten Buol, diduga karena digunakan tidak pada peruntukan sesuai surat pinjam pakai.

Berdasarkan keterangan sumber utarapost.co.id, bahwa excavator ditarik karena dioperasikan untuk kegiatan proyek jalan di Desa Pokobo, Kecamatan Bunobogu,tanpa persetujuan pihak pemprov Sulteng.

Muat Lebih

“Penyebab alat BPBD di tarik digunakan kerja proyek jalan Desa Pokobo tanpa sepengetahuan provinsi,”tulis sumber melalui pesan WhatsApp sembari minta identitasnya tidak diekspost, Selasa kemarin.

Proyek Jalan Desa Pokobo yang diduga dikerjakan menggunakan ekcavator milik Pemprov Sulteng yang dipinjam pakai kepada BPBD Kabupaten Buol. (FOTO) : IST

Diberitakan sebelumnya, Kepala BPBD Kabupaten Buol, Abdurasyid dikonfirmasi mengatakan penarikan alat berat tersebut karena masa pinjam pakai yang telah berakhir pada 12 Desember 2019 lalu.

Ia juga menyebutkan selain masa pinjam pakai telah berakhir penarikan karena kebutuhan mendesak Pemprov untuk kepentingan percepatan pembangunan Huntap bagi korban bencana gempa bumi, stunami dan likuifaksi tahun 2018.

“Sebenarnya kita sudah menyurat perpajangan pinjam pakai hanya saja kebutuhan mendesak pembangunan Huntap harus dikerjakan maka Pemprov kirim surat untuk sementara alat berat dikembalikan,”tandasnya.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef