Pendaftaran Bacaleg di Poso, 14 Parpol Dinyatakan Lengkap

POSO, UTARA POST  – Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari partai politik, berakhir pukul 24.00 Wita, Selasa 17 Juli 2018. Di Kabupaten Poso, sebanyak 14 partai politk dari 16 parpol peserta pemiliu yang ada di daerah ini mendaftarkan bacalegnya dan dinyatakan lengkap oleh KPU setempat.

Ketua KPU Poso Budiman Maliki mengatakan, pendaftaran bacaleg dibuka sejak tanggal 4 Juli hingga 17 Juli 2018, namun di hari terakhir pendaftaran hampir seluruh partai politik peserta pemilu tahun 2018 yang ada di Kabupaten Poso ramai-ramai mendatangi KPU Kabupaten Poso untuk mendaftarkan bacalegnya.

“Pada hari terakhir sejak dibuka pada pukul 08.00 Wita, nanti pada malam hari selruh partai poitik yang ada di Poso baru mendaftrakan bacalegnya,” ujarnya saat dihubungi media ini, Rabu (18/7/2018) dini hari.

Dia menyebutkan, dari 16 partai politik yang ada, sebanyak 14 partai politik telah mendaftarkan bacalegnya ke KPU Poso. Sedangkan dua partai politik lainnya yakni Partai Garuda Nomor Urut 6 mendatangi KPU dan membawa berkas bacalegnya namun setelah diperiksa dan diteliti dokumen pendaftaran Bacaleg yang diajukan oleh Partai Garuda dinyatakan tidak lengkap. Sedangkan Partai Bulan Bintang (PBB) Nomor urut 16, tidak mendaftarkan partainya dan bacalegnya.

Ketua KPU Poso, Budiman Maliki

“Satu Parpol yaitu Partai Garuda telah datang ke KPU namun dokumennya dikembalikan, karena masih terdapat sejumlah kekurangan dokumen yang akan diverifikasi. Kemudian ada satu partai lagi yaitu PBB hingga batas waktu yg ditentukan sama sekali tidak datang mendaftar membawa dokumen syarat pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Poso,” jelasnya.

Dia menjelaskan, sampai dengan batas waktu yang ditentukan hingga pukul 24.00 waktu setempat, terkait pemasukan dan penyerahan dokumen syarat pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Poso kepada KPU Kabupaten Poso, parpol yang telah mendaftarkan bacalegnya sebanyak 14 parpol. Ke 14 parpol tersebut yakni Partai Golkar, Nasdem, Berkarya, PSI, Demokrat, PDIP, PKPI, Hanura, PPP, Gerindra, PKS, PAN, Perindo dan PKB.

Dia menambahkan, pihaknya sudah berupaya keras melakukan koordinasi dan pengecekan kepada pengurus partai yang bersangkutan namun tidak ada jawaban pasti dari mereka.

“Kami sudah jauh-jauh hari telah menginformasikan tentang jadwal untuk memasukan dokumen dan pendaftaran bakal caleg kepada seluruh parpol,” tandasnya. ***