Pendaftaran Calon Komisioner Kabupaten Dibuka

POSO, UTARA POST – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso yang masuk dalam Zona I, sejak 5 April 2018 pagi terlihat mulai serbu para bakal calon anggota KPU, guna mengambil formulir pendaftaran yang disediakan oleh Sekretariat KPU Kabupaten Poso.

Pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten di Zona I yang meliputi Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Kabupaten Poso dan kabupaten Tojo Unauna mulai dibuka sejak 5 April hingga 13 April 2018.

Salah satu Staf Sekretariat KPU Kabupaten Poso, Fahrudin yang bertugas dibagian pendaftaran mengatakan, sudah cukup banyak yang mengambil formulir pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten, sejak dibuka 5 April 2018 pagi. Dari catatan yang ada sampai pukul 12.00 Wita, jumlah para bakal calon anggota Komisi pemilihan Umum (komisioner) Kabupaten yang mengambil formulir pendaftaran sebanyak 14 orang.

“Sejak dibuka pagi hari tadi (Kamis 5/4/2018) sudah banyak yang mengambil formulir pendaftaran. Dari catatan yang ada mereka berasal dari Kecamatan Poso Pesisir Bersaudara, Poso Kota Bersaudara dan Kecamatan Lage. Diperkirakan sampai tenggat waktu yang ditentukan semakin banyak yang mengambil formulir,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara itu Sekretaris KPU Kabupaten Poso, Hamzah , SH, M.Si saat ditemui menjelaskan, pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten yang berada di zona I, tim seleksi mengacu pada keputusan/pengumuman KPU RI nomor 37/PP.06-BA/05/KPU/III/2018 tanggal 13 Maret 2018, atas kewenangan yang diberikan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang pemilihan Umum serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 tahun 2018 tentang seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota.

“Tim seleksi yang berkedudukan di ibu kota provinsi, memberikan kesempatan bagi warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten yang ada di Zona I,” ujarnya saat ditemui di runag kerjanya, Kamis (5/4/2018).

Dia menyebutkan,para bakal calon anggota komisi pemilihan umum kabupaten yang berminat dapat melihat secara langsung persyaratan yang harus dipenuhi di lembaran pengumuman yang telah ditempel dan disebar di Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Poso, diseluruh kantor kecamatan, desa dan kelurahan serta di media cetak.

“Untuk mengambil formulir, langsung datang ke Sekretariat KPU Kabupaten Poso,” katanya.

Dia menyebutkan, pada tahap pertama yang dibuka sejak 5 April hingga 13 April 2018, ditargetkan jumlah pendaftar calon anggota komisi pemilihan umum kabupaten, sebanyak 40 orang. Jika, hingga batas yang ditentukan belum mencapai jumlah tersebut, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Tapi kalau sudah mencukupi jumlahnya, pendaftaran langsung ditutup dan seluruh berkas yang masuk ke panitia pendaftaran langsung di bawa ke Kota Palu untuk diserahkan kepada Tim Seleksi Zona I yang diketuai oleh Dr. Moh.Irfan Mufti, Drs..M.Si,” tuturnya.

Selanjutnya kata dia, seleksi berkas administrasi para bakal calon anggota komisi pemilihan kabupaten yang masuk dalam zona I dilakukan sepenuhnya oleh tim seleksi zona I di Palu.

“Waktu Penerimaan berkas pendaftaran mulai tanggal 5 hingga 13 April mulai pukul 08.00 Wita sampai dengan pukul 16.00 Wita. Kecuali hari terakhir pendaftaran mulai pukul 08.00 Wita samapi dengan pukul 00.00 Wita,” tandasnya. RHM

”benner