Pendaftaran PPK, Kuota Dua Kecamatan Belum Terpenuhi

Moh Ali, Divisi sosialisasi Pendidikan pemilih,partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Buol Foto : Moh Syarif M Joesoef

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Sejak dibuka pendaftaran panitia pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilgub Sulteng pada 8 Januari lalu, oleh KPU Kabupaten Buol, hingga memasuki hari terakhir Jum’at (24/01/2020) kuota dua kecamatan belum terpenuhi.

“Tapi ketika jumlah pendaftar belum memenuhi kuota, maka waktu pendaftaran akan kita perpanjang selama tiga hari,”kata Moh Ali, Divisi sosialisasi Pendidikan pemilih, partisipasi Masyarakat dan SDM, diruang kerjanya.

Muat Lebih

Ia menambahkan, jika batas waktu penambahan pendaftaran belum juga terpenuhi kuota dua kecamatan tersebut maka KPU akan melakukan kordinasi dengan lembaga profesi yang ada di daerah itu.

Adapun dua kecamatan yang sampai saat ini formasi PPK belum terpenuhi adalah Kecamatan Tiloan (tersisa empat orang) dan Kecamatan Bunobogu pendaftar baru dua orang atau kurang tiga orang lagi.

“Batas penutupan pendaftaran tahap pertama hari sampai jam 24.00, kalau belum juga terpenuhi kuotanya ada tambahan tiga pendaftaran. Kalau juga tidak terpenuhi kita akan melakukan kordinasi dengan lembaga Profesi yang ada di Kabupaten Buol,”terangnya.

Dirinya menambahkan, hingga pendaftaran dibuka berdasarkan hasil rekap calon anggota PPK berjumlah 166 orang. Laki-laki 117 dan perempuan 45 pendaftar.

“Setiap kecamatan ditempatkan lima petugas PPK. Setelah tahapan rekrutmen PPK rampung, selanjutnya bakal dilakukan seleksi adminsitrasi, tertulis dan seleksi wawancara,”terangnya.

Sementara itu, berdasarkan catatan panitia pendafataran PPK, pada Jum’at (24/01/2020) pendaftar yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran tercatat sebanyak sebanyak 292 orang.

“Tapi kalau melihat pengalaman kita sebelumnya biasanya di dua kecamatan ini mendaftar pada saat penambahan waktu pendaftaran,”tutupnya.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef