Pilkades Bermasalah Sebelumnya DPRD Telah Ingatkan Pemkab Buol

Ketua Komisi I DPRD Buol Karmin Kaimo Foto : Moh Syarief M Joesoef
banner 468x60

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – DPRD Kabupaten Buol, telah menerima sembilan aduan sengketa hasil Pilkades serentak di Kabupaten Buol. Atas sejumlah laporan tersebut, jauh sebelumnya Pemkab Buol telah diingatkan agar terhidar dari sengketa pilakdes bermasalah.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Buol, Karmin Kaimo, kepada utarapost.co.id, diruang kerjanya, Selasa (10/12/2019).

Muat Lebih

Karmin, mengatakan warning bertjuan untuk mengingatkan Pemkab Buol demi menghindari masalah pasca pelaksanaan Pilkades. Namun, faktanya, pelaksanaan Pilkades bermasalah terkesan pemerintah mengabaikan prediksi DPRD.

“Apa yang kita kuatirkan terjadi juga, pada hal kita sudah ingatkan Pemerintah daerah dan panitia. Dan memang masalah ini keliatan seperti agak lalai panitia,”ujar Karmin.

Lanjut Karmin menuturkan, berkaitan aduan masyarakat ke lembaga wakil rakyat itu dan berdasarkan hasil rapat internal DPRD akan mengundang Pemkab Buol untuk duduk bersama membahas solusi penyesaian sengketa Pilkades.

“Kita masih menunggu kesiapan pemerintah daerah setelah mereka mempersiapkan data-data yang dibutuhkan berkaitan masalah ini segerah kita rapat bersama dalam waktu minggu ini,”terangnya.

Ia menambahkan jika hasil pertemuan antara DPRD bersama Pemkab Buol, aduan pelanggaran Pilkades yang dilaporkan masyarakat terbukti penyelesaiannya melalui peraturan yang berlaku.

“DPRD memfasilitasi sj, mempertemukan kedua belak pihak (penuntut dan Pemkab) kalau terbukti apakah pembatalan atau PSU nanti dikaji melalui aturan yang ada oleh Pemerintah, tugas kita keluarkan rekomendasi,”tandas Karmin.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

banner 300x250
banner 468x60