Polemik Pilkades, DPRD Buol Terima Sembilan Aduan

Kantor DPRD Kabupaten Buol. FOTO : Moh Syarief M Joesoef
banner 468x60

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – DPRD Kabupaten Buol sudah menerima sembilan pengaduan terkait polemik Pilkades serentak yang sebelumnya telah berlangsung di 56 desa pada 2 Desember 2019.

“Polemik hasil Pilkades yang masuk ke DPRD sembilan laporan yang disampaikan masyarakat melalui surat”, sebut Wakil Ketua DPRD Buol Ahmad Takuloe, diruang kerjanya, Rabu (11/12/2019).

Muat Lebih

Dari jumlah laporan masyarakat desa penyelenggara Pilkades yang masuk ke DPRD kata politisi PDI Perjuangan itu, mengenai berbagai indikasi kecurangan selama tahapan Pilkades berlangsung.

“Berdasarkan surat laporan masyarakat yang masuk kepada kita ada berbagai macam permasalahan yang diadukan intinya soal dugaan pelanggaran,”ujar Ahmad.

Ia menjelaskan berdasarkan sembilan laporan tersebut, umumnya pengaduan masyarakat desa yang diduga pelaksanaan Pilkades bermasalah mengadukan panitia desa.

“Untuk proses penyelesaian aduan itu ranahnya di Pemerintah Daerah, kita (DPRD) hanya memfasilitasi antara kedua belah pihak,”kata Ahmad.

Sebelumnya, Ketua Komisi I bidang pemerintahan DPRD Buol Karmin Kaimo, menyampaikan hal senada.

Ia juga mengatakan berkaitan pengaduan masyarakat soal hasil Pilkades bermasalah di sejumlah desa DPRD akan mengundang Pemkab Buol membahas aduan tersebut.

Politisi Demokrat itu menambahkan jika hasil pertemuan antara DPRD bersama Pemkab Buol, aduan pelanggaran Pilkades yang dilaporkan masyarakat terbukti penyelesaiannya melalui peraturan yang berlaku.

“Kalau terbukti apakah pembatalan atau PSU nanti dikaji melalui aturan yang ada oleh Pemerintah, tugas kita keluarkan rekomendasi,”tandas Karmin.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

banner 300x250
banner 468x60