Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat III , JAYATRI – Sistem Informasi Manajemen Jasa Layanan Konstruksi

Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III (PIM III), Ani Siti Hanipah, ST, MT yang juga Kepala Bidang Bina Konstruksi dan Peralatan Dinas PUPR Kabupaten Buol, foto bersama Bupati Buol, Amirudin Rauf usai melakukan audiens terkait Proyek Perubahan Diklat PIM III berupa Jayatri yakni Sistem Informasi Manajemen Jasa Layanan Konstruksi

Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat III

Oleh Ani Siti Hanipah, ST, MT

JAYATRI

Sistem Informasi Manajemen Jasa Layanan Konstruksi

 

 Latar Belakang

Saat ini pembangunan maupun pemeliharaan fisik di Pemda Buol yang ditangani Dinas PUTR sangat lah komplek, melibatkan swasta maupun swakelola. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi yang terstruktur yang digunakan untuk mengatur, mengelola serta mengawasi proyek-proyek tersebut. Informasi perkembangan proyek ini perlu untuk diketahui oleh publik sehingga masyarakat menjadi lebih mudah untuk mendapatkan hak akses keterbukaan informasi.

Ani Siti Hanipah, ST.MT, Kepala Bidang Bina Konstruksi dan Peralatan Dinas PUPR Kab. Buol, menyampaikan bahwa “Sistem Informasi Manajemen Jasa Layanan Konstruksi adalah aplikasi data base yang terdiri dari aplikasi web dan aplikasi mobile interaktif dimana menyajikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat atau publik mengenai informasi kegiatan jasa konstruksi yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mulai dari kontrak pekerjaan, jenis pekerjaan, nama pelaksana pekerjaan, waktu pelaksanaan sampai dengan kondisi terakhir dari pekerjaan yang sedang berlangsung pada Tahun Anggaran berjalan”.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan adanya kerja sama dan tanggung jawab diantara dua belah pihak dalam hal ini rekanan baik yang bersifat konsultansi (perencana dan supervisi/pengawas) maupun pelaksana (kontraktor) dengan pemilik pekerjaan (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang)

Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III (PIM III), Ani Siti Hanipah, ST, MT yang juga Kepala Bidang Bina Konstruksi dan Peralatan Dinas PUPR Kabupaten Buol, foto bersama Bupati Buol, Amirudin Rauf usai melakukan audiens terkait Proyek Perubahan Diklat PIM III berupa Jayatri yakni Sistem Informasi Manajemen Jasa Layanan Konstruksi

Sebagai mana diketahui sering terjadi permasalah dalam pengelolaan keuangan negara dalam hal belanja publik yang berujung pada masalah hukum. Manajemen yang yang profesional dari kedua belah pihak tersebut yang di kontrol langsung oleh masyarakat khususnya yang ada di daerah sebagai pihak yang merasakan langsung fasilitas yang terbangun diharapkan dapat terlaksana dengan baik dengan hadirnya aplikasi ini. Masyarakat dengan mudah dapat mengakses informasi dari data-data yang di sajikan. Selain itu hal lain yang diharapkan dengan adanya aplikasi ini yaitu kompetisi sehat di tingkat pengusaha lokal dalam memberikan mutu pekerjaan terbaik, profesionalisme kerja dilapangan dan mengelola keuangan negara yang digunakan dalam membangun fasilitas umum bagi masyarakat dapat terwujud.

Aplikasi ini dapat diakses baik secara langsung pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Buol maupun secara online melalui jaringan internet.

 Maksud dan Tujuan

Secara umum, maksud dari kegiatan ini adalah melakukan Penyusunan  Aplikasi Database Sistem Informasi Manajemen Jasa Konstruksi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Buol. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini, antara lain:

  1. Terbangun dan terpasangnya Aplikasi Database Sistem Informasi Manajemen Jasa Konstruksi sehingga dapat mempermudah pekerjaan dari staff dinas PU menjadi efisien (cepat, tepat, mudah, dan murah), sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik.
  2. Meningkatkan kemampuan staf dinas PU dan penataan ruang dalam memberikan pelayanan dengan menggunakan perangkat teknologi informasi (computer-aided service delivery system), dan
  3. Meningkatnya hak-hak masyarakat terhadap pelayanan publik
  4. Profesionalisme di tingkat pengusaha lokal.
  5. Meningkatkan kemampuan staf Pemda dalam memberikan pelayanan dengan menggunakan teknologi informasi (computer aided service delivery system).
  6. Adanya sistem administrasi pengawasan proyek jasa konstruksi, sehingga pihak pelaksana proyek dapat mengakses administrasi dengan mudah serta masyarakat bisa ikut memantau perkembangan proyek.

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah Penyusunan pada sistem database manajemen jasa konstruksi. Selain dari pada itu, dapat dihasilkan suatu data atau informasi yang dapat digunakan oleh pimpinan untuk membuat perencanaan dan pengambilan keputusan terkait proyek jasa konstruksi.

Fitur :

  • Menyajikan data rekanan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada Tahun Anggaran Berjalan
  • Menyajikan data real time berupa :
  • Lokasi project
  • Nama project
  • Kondisi awal dan kondisi akhir
  • Foto mingguan dan bulanan
  • Jadwal pelaksanaan pekerjaan/time schedule
  • Perbandingan time schedule dan kondisi real pekerjaan di lapangan
  • Kondisi lapangan saat pekerjaan berlangsung
  • Klasifikasi rekanan
  • Laporan PHO/FHO
  • Mutu pekerjaan
  • Kontrak
  • Link ke aplikasi LPSE
  • Pertimbangan kelayakan bagi rekanan untuk dapat direkomendasikan bekerja pada pekerjaan selanjutnya.
  • Undang-undang dan perpres mengenai jasa konstruksi
  • Data base Project
  • Raport/predikat rekanan berdasarkan :
  • Ketepatan waktu pelaksanaan
  • Kemampuan pengelolaan keuangan
  • Manajemen pelaksanaan dilapangan
  • Jumlah tenaga ahli dan tenaga lapangan, armada, peralatan yang kesesuaiannya dengan dokumen penawaran
  • Kempuan dalam berkoordinasi dengan pihak dinas (PPK,PPTK,pengawas lapangan)
  • Kemampuan memanajemen team work

Keberadaan Sistem Informasi Manajemen Jasa Layanan Konstruksi JAYATRI ini disambut baik oleh pimpinan daerah Bupati Buol Bapak Amirudin Rauf, beliau berharap dengan adanya aplikasi ini terwujudnya kompetisi sehat di tingkat pengusaha lokal dalam memberikan mutu pekerjaan terbaik, profesionalisme kerja dilapangan dan mengelola keuangan negara yang digunakan dalam membangun fasilitas umum bagi masyarakat dapat terlaksana. *