Puskesmas Karamat Naik Status Jadi Utama

Surat Pemberitahuan Hasil Akreditasi Puskesmas Karamat. FOTO : IST
banner 468x60

BUOL, UTARAPOST.CO.ID – Puskemas Kecamatan Karamat, Kabupaten Buol, naik status menjadi Puskesmas Terakreditasi Utama. Kenaikan status ini merupakan bentuk keseriusan Puskesmas Karamat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sebelumnya, Puskesmas Kecamatan Karamat belum terakreditasi. Namun setelah melalui penilaian dari tim komisi akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama menaikan status menjadi Utama.

Muat Lebih

Kenaikan status Puskesmas Karamat tersebut, sebagaimana tertuang dalam surat Kementrian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan tentang pemberitahuan hasil akreditasi tertanggal 13 Novekber 2019 di Jakarta.

Surat yang ditujukan kepada Pemprov Sulawesi Tengah melalui Kepala Dinas Kesehatan itu, menyebutkan berdasarkan hasil survei akreditasi di Puskesmas Karamat yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 30 Oktober – 03 November 2019.

Puskesmas Kecamatan Karamat yang beralamat di Desa Busak Satu, dinyatakan naik status dari belum terakreditasi menjadi status Utama. Status ini berlaku hingga tanggal 22 Oktober tahun 2022 mendatang.

Penilaian akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama dilakukam tim Lembaga Independen yang diberi kewenangan oleh Menteri Kesehatan

Pencapaian terhadap elemen-elemen penilaian pada setiap kriteria diukur dengan tingkatan sebagai berikut. Pertama, terpenuhinya pencapaian elemen 80 persen dengan nilai 10. Terpenuhi sebagian pencapaian elemen 20 persen – 79 persen dengan nilai 5. Sedangkan jika tidak terpenuhi pencapaian elemen 20 persen nilai 0.

Dengan naiknya status Puskesmas Karamat dari belum terakreditasi menjadi status Utama, artinya Puskesmas Karamat dari segi kriteria yang dinilai terpenuhi pencapaiannya.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

banner 300x250
banner 468x60