RSUD Buol Raih Akreditasi Paripurna Bintang Lima

Direktur RSUD Mokoyurli Buol, dr Arianto S Panambang Foto : Firmam Taid

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – RSUD Mokoyurli Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, raih akreditasi paripurna bintang lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Sebelumnya tim KARS telah melakukan penilaian selama empat hari berturut-turut, yaitu, tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2019.

Hal itu diungkapkan Direktur RSUD Mokoyurli Buol, dr Arianto S Panambang, kepada utarapost.co.id, ditemui diruang kerjanya, Selasa (07/01/2020).

Muat Lebih

Kata dia, RSUD Mokoyurli Buol merupakan satu-satunya rumah sakit negeri atau RS milik pemerintah di Sulawesi tengah yang meraih akreditasi paripurna bintang lima.

“Alhamdulillah hasil nilai yang didapatkan dari proses Akteditasi yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) selama empat hari, sejak tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2019, mencapai nilai tertinggi yakni nilai paripurna atau lima bintang,”terangnya.

Ia menambahkan, proses penilaian yang dilaksanakan para peneliti KARS di RSUD Buol, melalui 15 Pokja yang terdiri dari, Instrumen SNARS AP, Instrumen SNARS ARK, Instrumen SNARS HPK, Instrumen SNARS IPKP, Instrumen SNARS KKS.

Instrumen SNARS MFK, Instrumen SNARS MIRM, Instrumen SNARS MKE, Instrumen SNARS PAB, Instrumen SNARS PAP, Instrumen SNARS PKPO, Instrumen SNARS PMKP, Instrumen SNARS PPI, Instrumen SNARS Prognas dan Instrumen SNARS SKP.

“Alhamdulillah dari semua 15 pokja itu masing-masing mendapat nilai diatas 80 %, mulai dari  81% hingga 86%, dan setiap tiga pokja menyumbang satu bintang dan menuntaskan kurang lebih 1622 elemen penilaian setiap satu Pokja,”beber Arianto.

Lanjut dia menuturkan, capaian tersebut merupakan hasil dukungan penuh dari berbagai pihak dilingkup Pemkab Buol yang selama proses agreditasi mendampingi serta ikut memberikan pengawasan termasuk doa dari segenap elemen masyarakat Buol.

“Dari hasil capian nilai tertinggi ini, yang pertama atas berkat dukungan dari Pemkab dalam hal ini bapak Bupati Buol Amirudin Rauf, yang selalu memotivasi kami dalam meningkatkan pelayanan sesuai harapan yang diinginkan,”tandasnya.*

Reporter : Firman Taid

”benner