SONGSONG PEMILU SERENTAK 2019, KPU Poso Gelar Karnaval Seni Budaya

Peserta karnaval saat melintas di alun-alun Kota Poso. FOTO : HUMAS PEMKAB POSO
Peserta karnaval saat melintas di alun-alun Kota Poso. FOTO : HUMAS PEMKAB POSO

POSO, UTARA POST – Karnaval Seni Budaya menyongsong satu tahun pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso.

Karnaval Seni Budaya tersebut dimulai dari alun-alun Sintuwu Maroso, Sabtu (21/4/2018) lalu sebagai upaya sosialisasi agar masyarakat mengetahui tanggal pemungutan suara Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019, partai politik yang menjadi peserta pemilu, maskot Pemilu 2019 ‘Sang Sura’ serta memeprkenalkan jingle Pemilu 2019 berjudul ‘Pemilih Berdaulat Negara Indonesia Kuat’.

Kegiatan itu diikuti sejumlah pemilih pemula seperti anak-anak sekolah dan beberapa partai politik , juga diwarnai dengan defile parade seni budaya dari PPK yang ada di Kabupaten Poso dengan memakai atribut adat istiadat Tana Poso.
Ketua KPU Kabupaten Poso, Taufik Hidayat, SE dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan peraturan KPU Nomor 10 tahun 2018 tentang Sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program pemilu, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilu serta meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

Sementara itu Bupati Poso dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Ir. Andi Rifai, M.Si mengharapkan, melalui kegiatan ini seluruh lapisan masyarakat di Bumi Sintuwu Maroso mendapatkan manfaat yang signifikan bagi perkembangan dan kemajuan daerah Bumi Sintuwu Maroso khususnya di dalam pendidikan dunia politik sehingga seluruh komponen masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya untuk berpartisipasi dalam menentukan nasib bangsa pada umumnya serta daerah Tana Poso pada khususnya melalui pelaksanaan pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Pada Pemilu 2019 mendatang memiliki perbedaan dibanding pemilu sebelumnya yang hanya memilih DPR RI,DPD, DPRD Provinsi,DPRD kabupaten/kota. Sedangkan Pemilu 2019 mendatang, selain empat surat suara diatas maka akan ditambah dengan satu surat suara yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.*/RHM