Tahun ini BPPD Buol Terapkan Pelayanan Bebas Korupsi

Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Daerah, Pemkab Buol. Foto : Moh Syarif M Joesoef
banner 468x60

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Sulawesi Tengah, berupaya memperbaiki kualitas kelembagaan, salah satunya dengan cara mencanangkan program pelayanan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Guna menyinkronkan komitmen tersebut, BPPD Buol, mengagendakan empat program menujuh pelayanan bebas korupsi mulai tahun 2020 ini.

Muat Lebih

Demikian diterangkan Kaban BPPD Buol, Wahyu Setyabudi, kepada utarapost.co.id, ditemui diruang kerjanya, Rabu (08/01/2020).

“Kemarin kita sudah awali dengan pertemuan bersama Kejaksaan Negeri Buol hasilnya kita lolos zona integritas bebas korupsi,”kata Wahyu.

Lanjut Wahyu, empat program tersebut, yaitu peningkatan kapasitas sumberdaya aparatur, peningkatan dan pengembangan pengelolaan pendapatan, peningkatan sarana dan prasana aparatus dan program pelayanan administrasi lembaga (kantor).

Dari empat program tersebut, kata Wahyu, meliputi 13 kegiatan. Diantaranya, penerapan wilayah bebas korupai, pendataan kembali objek pajak di lima kelurahan, dan melakukan digitasi atas objek pajak termasuk Jadi Tuan Rumah Forkom Pajak Dan Retribusi Se-Sulteng.

“Digitasi untuk memudahkan pengecekan objek pajak, akan terlihat peta kepemilikan dan luasan bangunan, NJOP, dan basisnya akan kita dorong ke informasi teknologi berupa WEB atau android,”terangnya.

Wahyu menambahkan, dari 13 kegiatan yang masuk dalam empat program BPPD Buol tahun 2020 ini, bertujuan untuk mencegah korupsi melalui peningkatan kelembagaan mulai dari sarana dan prasaran pelayanan hingga kapasitas sumber daya aparatur.

“Termasuk tahun ini kita mulai secara bertahap menerapkan pembayaran non tunai, kita akan bekerjasama dengan Bank, jadi tidak ada lagi petugas pajak, wajib pajak setor langsung ke Bank,”terang Wahyu.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef

banner 300x250
banner 468x60