Tak Bisa Atasi Ternak Berkeliaran Camat Terancam Dicopot

Bupati Buol, Amirudin Rauf. Foto : Moh Syarif M Joesoef

BUOL,UTARAPOST.CO.ID – Hewan ternak sapi yang sengaja dilepasliarkan pemiliknya, pekan ini menjadi pembahasan hangat oleh warga Kabupaten Buol di Media Sosial (Medsos) Facebook. Sejumlah status menilai Pemkab Buol, lemah menertibkan sapi berkeliaran, Minggu (12/01/2020).

Menyingkapi hal tersebut, Bupati Buol, Amirudin Rauf, dikonfirmasi utarapost.co.id, menyatakan telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh Camat untuk segerah menuntaskan persoalan sapi yang dilepasliarkan pemiliknya terhitung mulai Januari hingga tiga bulan kedepan.

Muat Lebih

Bagi para Camat yang tidak mampu menyelesaikan persoalan hewan ternak bebas berkeliaran diwilayah kerjnya, maka Camat bersangkutan akan diberikan sanksi tegas hingga dicopot dari jabatannya.

“Saya memberikan waktu camat tiga bulan untuk mengatasi masalah sapi yang berkeliaran terhitung mulai januari. Bila tidak bisa akan di evaluasi kinerja Camatnya dan bisa dicopot dan diberi sanksi tergantung hasil penilaian tim,”tegas Bupati Amirudin Rauf.

Ternak yang dikandangkan selain lebih produktif tentunya memberikan dampak positif bagi pemilik dan orang lain.

Sementara bagi lingkungan tentunya akan lebih bersih dan nyaman. Masyarakat juga bisa menanami pekarangan rumahnya dengan sejumlah tanaman bermanfaat. Seperti sayuran atau tumbuhan obat dipekarangan rumah.*

Reporter : Moh Syarif M Joesoef