Tangkal Berita  Hoax,Polres Poso – Satgas Nusantara 2018 Gelar FGD

Suasana Pelaksanaan FCD Satgas Nusantara 2018 di Gedung PGRI Poso Kamis (31/5/2018)

POSO, UTARA POST –  Satuan Bimbingan Masyarakat (Sat Binmas) Kepolisian Resor (Polres) Poso yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nusantara 2018 bersama  Pemda Poso serta tokoh lintas agama,  menggelar Focus  Group Discussion (FGD) Satuan Tugas Nusantara tahun 2018.

FGD Satgas Nusantara 2018 dengan tema Peran Masyarakat dalam Menciptakan Kamtibmas di Kabupaten Poso tersebut, digelar digedung PGRI Poso Kota pada Kamis (31/5/2018) lalu, melibatkan puluhan masyarakat,Ormas serta tokoh lintas agama. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menangkal maraknya  isu-isu hoax yang berkembang sekaligus mengajak serta masyarakat dalam menjaga Kamtibmas.

Kegiata FGD  berlangsung sekitar 3 jam dari pukul 09.00 -12.00 wita,para pemateri dari pihak Kepolisian lebih menekankan pentingnya masyarakat memahami berita hoax serta tata cara untuk menangkalnya.

Suasana Pelaksanaan FCD Satgas Nusantara 2018 di Gedung PGRI Poso Kamis (31/5/2018)

Pelaksanaan FGD Satgas Nusantara yang merupakan program Nasional Polri diharapkan mampu memeberikan sosialisasi yang baik atas pentingnya peran serta masyarakat  dalam Kamtibmas diwilayah masing-masing.

Kabag Sumda Polres Poso Kompol Feky A.Waloni selaku pemateri dalam kegiatan FGD mengatakan  kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat kabupaten Poso bisa memahami pentingnya dalam mencegah berita bohong atau hoax yang kini ramai bermunculan dimedsos ataupun berita dari mulut ke mulut.Menurutnya berita Hoax merupakan ancamam bagi seluruh masyarakat,dimana jika tidak diantisipasi dengan baik maka bisa menimbulkan aksi provokasi ditengah masyarakat.

“FGD Nusantara ini sangat penting khususnya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas jika jangan mudah percaya dengan berita Hoax baik dimedsos ataupun cerita dari orang-orang yang belum diketahui kebenarannya,”ungkap Feky A Waloni.

Selain antisipasi berita Hoax,dalam Diskusi tersebut masyarakat serta  tokoh lintas agama mengajak kepada aparat kepolisian dan BNNK untuk secara serius memberantas peredaran serta penggunaan Narkoba di Poso.Bahkan sejumlah Lurah peserta FGD yang berasal dari kecamatan Poso Kota bersaudara saat diskusi berlangsung bahkan mengakui jika peredaran Narkoba diposo sudah menyentuh seluruh kalangan mulai  pelajar,mahasiswa, PNS,hingga ke oknum Polri dan TNI.

Melalui FGD Satgas Nusantara 2018,pihak Kepolisian resosrt Poso berharap ada sosialisasi kepada Masyarakat serta aparat Polri agar tidak mudah terprovokasi dengan adanya berita Hoax baik dimedsos ataupun yang berkembang ditengah masyarakat.Pihak Kepolisian juga menghimbau agar masayarakat secara aktif untuk memberikan informasi secepatnya kepada Polisi bila ada hal-hal negative  yang terjadi ditengah masyarakat.

Sementara itu, Kasat Binmas, IPTU Masloman menyampaikan, pihak kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tanpa peran dari berbagai pihak. Maka dari itu dalam FGD ini sangat penting bersama-sama untuk menjaga situasi Poso yang semakin membaik,” kata Masloman.  RHM