TMMD 102 Tahun 2018, Poso Siap Jadi Tuan Rumah

POSO, UTARA POST – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso menyatakan siap menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2018, yang rencananya akan digelar di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah dalam waktu dekat ini.

Pernyataan kesiapan tersebut terungkap pada Rapat Persiapan Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Tahun 2018 di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah, yang digelar di Ruang Rapat Wakil Bupati Poso, Kamis (5/7/2018) dipimpin langsung Wakil Bupati Poso, Samsuri, yang didampingi Dandim 1307 Poso Letkol Inf. Dody Triyo Hadi.

Wabup Samsuri menegaskan, kegiatan yang dilakukan oleh TNI ini yaitu TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), merupakan kegiatan yang perlu mendapat dukungan oleh semua pihak termasuk oleh Pemerintah Daerah. Karena untuk membangun daerah ini tidak bisa hanya dilakukan oleh satu lembaga atau organisasi tertentu, tetapi perlu dilakukan bersama-sama. Pemerintah Daerah dan Aparat terus bersinergi demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bumi Sintuwu Maroso.

Wabup menyebutkan, program TMMD secara umum dalam UU TNI diartikan membantu tugas pemerintahan daerah, yakni sebagai bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya dalam hal ini TNI bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama seluruh jajarannya secara sinergi dan berkesinambungan.

KET FOTO :
Wakil Bupati Poso, Samsuri, yang didampingi Dandim 1307 Poso Letkol Inf. Dody Triyo Hadi saat memimpin jalannya Rapat Persiapan Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Tahun 2018. FOTO : DOK HUMAS PEMKAB POSO

“Program ini berupa akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana,” ujar wabup.
Wabup menjelaskan, untuk tahun 2018 ini direncanakan sejumlah baik kegiatan dilaksanakan berupa fisik seperti program pekerjaan timbunan pilihan / sirtu yang di antaranya berlokasi di arah patung Tadulako, jalan Doda – Lelio dan Desa Tuwo Jaya, program sarana lingkungan (MCK) dan kegiatan non fisik seperti kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS), penyuluhan kontrasepsi modern bagi pasangan usia subur, penyuluhan perikanan, pelayanan perpustakaan keliling dan kegiatan non fisik lainnya.

Pelaksanaan TMMD ini direncanakan akan dimulai pada Kamis, 12 Juli 2018 dengan kegiatan pertama yaitu penyajian materi tentang 4 pilar kebangsaan dan materi narkoba dan akan berakhir pada Kamis 2 Agustus yang akan diisi dengan kegiatan deteksi dini faktor resiko PTM, pemicuan di wilayah Schistosomiasis (STBM) dan stimulant pembuatan jamban di daerah Schistosomiasis.

Sebelumnya, Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu menyebutkan kegiatan pelaksanaan TMMD merupakan bentuk perhatian khusus pemerintah daerah terhadap masyarakat di wilayah Lore bersaudara untuk mendapatkan perhatian dan perlakuan yang sama dengan wilayah lain di Kabupaten Poso saat meresmikan Gereja di Bariri Kecamatan Lore Tengah pada bulan Mei lalu. */RHM

”benner